Jumat 22 Jul 2016 09:04 WIB

Mengapa Gunakan Toilet Saat Lepas Landas dan Mendarat Dilarang?

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Toilet dalam pesawat
Foto: Boldsky
Toilet dalam pesawat

REPUBLIKA.CO.ID,Saat sedang berada di dalam pesawat, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh penumpang. Salah satunya adalah larangan untuk berada di toilet saat pesawat akan tinggal landas atau bahkan mendarat.

Beberapa dari orang mungkin akan berfikir kenapa hal seperti ini dilarang? Namun, demi keselamatan seluruh penumpang diwajibkan untuk mengikuti seluruh aturan pesawat termasuk yang satu ini. Dilansir Boldsky, berikut beberapa alasan mengapa penumpang tidak diperbolehkan masuk ke kamar mandi saat lepas landas dan mendarat.

Toilet tidak memiliki sabuk pengaman

Selain tidak ada sabuk pengaman, toilet juga memiliki permukaan yang cukup tajam dan keras. Kecelakaan yang bisa terjadi adalah seperti ketidakseimbangan yang mengakibatkan kepala terbentur pada benda keras.

Toilet memiliki air, listrik dan kertas tisu

Dalam keadaan darurat, benda-benda tersebut cukup mudah untuk terbakar. Sehingga toilet menjadi tempat yang paling mudah terbakar dalam kegagalan penerbangan.

Toilet merupakan ruangan yang tertutup

Mengapa masuk berada dalam toilet dilarang? Karena ada kemungkinan seseorang terjebak di dalamnya saat keadaan yang darurat.

Kemungkinan pesawat bergerak tiba-tiba

Selama lepas landas dan mendarat ada kemungkinan pesawat bergerak dengan kekuatan yang tiba-tiba. Oleh karena itu, sangat penting bahwa penumpang tetap berada di kursi masing-masing selama proses ini.

Penumpang seharusnya mengikuti buku hukum peraturan yang tertera di setiap kursi penerbangan. Salah satunya adalah larangan untuk menggunakan kamar kecil selama lepas landas dan mendarat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement