Rabu 20 Jul 2016 07:25 WIB

Dana Terbatas untuk Makan Sehat? Coba Tips Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Berburu diskon (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Berburu diskon (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Mengatur keuangan yang terbatas untuk berbelanja sudah merupakan tantangan yang sulit. Akan menjadi lebih sulit lagi jika keuangan yang terbatas ini diiringi dengan keinginan untuk tetap makan sehat.

Meski bukan hal mudah, keuangan yang terbatas tetap memungkinkan untuk penerapan gaya hidup sehat. Kuncinya ada pada trik dalam mengelola keuangan dan bahan makanan. Berikut ini ialah 10 trik mengatur keuangan yang terbatas untuk menerapkan pola makan sehat menurut The Kitchn.

Manfaatkan diskon

Kartu keanggotaan di swalayan seringkali menawarkan berbagai diskon menarik untuk bahan makanan. Anda dapat memanfaatkan diskon ini untuk membeli bahan makanan sehat. Yang perlu dilakukan ialah menyesuaikan rencana memasak Anda dengan bahan makanan yang sedang didiskon. Dengan begitu, Anda dapat menyusun menu makan yang sehat dengan lebih irit.

Beli bahan segar saat musim panen

Membeli bahan makanan yang segar memang sangat baik, akan tetapi memerlukan biaya yang lebih besar. Pengeluaran ini dapat 'disiasati' dengan cara membeli bahan makanan yang sedang panen atau musimnya karena harga yang ditawarkan cenderung lebih murah. Ketika mendapatkan bahan makanan dengan penawaran yang bagus, beli bahan tersebut dengan jumlah yang cukup dan simpan untuk persediaan beberapa bulan ke depan dengan cara dibekukan dalam kulkas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement