Senin 18 Jul 2016 09:08 WIB

Awas, Ini Bahaya Bermain Pokemon Go

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Sebuah Pidgey Pokemon tampak di layar ponsel pemain Pokemon Go.
Foto: Reuters
Sebuah Pidgey Pokemon tampak di layar ponsel pemain Pokemon Go.

REPUBLIKA.CO.ID, Pokemon Go sedang menjadi permainan daring terbaru yang digilai di seluruh dunia. Pokemon go adalah gim ponsel yang berdasarkan karakter-karakter lucu dari Nintendo, seperti Squirtle dan Pikachu. Tapi taukah Anda bahwa ternyata gim ini dapat berbahaya bagi kesehatan Anda?

Dilansir dari NZ Herald, permainan digital ini diciptakan oleh Niantic Inc, sebuah spin-off asal San Fransisco dari orang tua Google, Alphabet Inc, yang sebelumnya terkenal karena menciptakan gim "Ingress" yang juga menggunakan teknologi augmented reality atau realitas tetambah.

Teknologi ini mengharuskan pemain berjalan untuk menangkap karakter-karakter Pokemon yang tersebar di dunia nyata melalui kamera telepon genggam. Namun gim ini membujuk pemainnya untuk mengunggah foto mereka di media sosial, ketika sedang mengejar karakter-karakter Pokemon di segala macam situasi berbahaya.

Cedera pergelangan kaki, kecelakaan saat berada di pintu berputar, dan menabrak pohon, adalah beberapa akibat yang ditimbulkan karena memainkan permainan ini. Kyrie Tompkins, seorang desainer web lepas, berumur 22 tahun, terjatuh di trotoar dan cedera di pergelangan kakinya. "Ponsel saya bergetar yang memberitahu saya bahwa ada suatu karakter di dekat saya, saya dekati dan saya terjatuh dalam lubang," katanya.

Adanya perkembangan digital telah menggambarkan perbedaan yang signifikan di dunia nyata. Para pemain sebenarnya bertemu satu sama lain di dunia nyata, seperti di dekat sekolah, museum, dan perpustakaan. Namun mereka sibuk menatap layar handphone mereka masing-masing.

Lindsay Plunkett, seorang pelayan berumur 23 tahun di North Carolina, tersandung sebuah blok yang digunakan sebagai palang pintu di museum perempuan, ketika ia dan pacarnya sedang menghabiskan waktu berjam-jam untuk mendapatkan Pokemon.

Bahkan seorang lulusan komunikasi, Mike Schults yang berumur 21 tahun, terjatuh dari skateboard saat sedang mengumpulkan Pokemon yang menyebabkan tangannya terluka. "Saya hanya ingin berhenti dengan cepat jika ada Pokemon terdekat yang bisa saya dapat," ujarnya.

(baca: Hujan Deras Lanjut Berburu Pokemon Go di Monas)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement