Senin 18 Jul 2016 08:21 WIB

9 Situs Budaya Masuk Warisan Dunia UNESCO Terbaru

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari
Dolmen kuno di Antequera, Spanyol.
Foto: Wikipedia
Dolmen kuno di Antequera, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, UNESCO, lembaga budaya dunia PBB, dilaporkan baru saja mengadakan pertemuan ke-40 di Istanbul, Turki. Dalam pertemuan tahunan tersebut UNESCO mengumumkan penambahan sembilan situs budaya baru ke dalam daftar warisan dunia.

Berikut ulasannya, dilansir dari Amusing Planet.

1. Dolmen dari Antequera, Spanyol

Ada total tiga dolmen kuno yang terletak di Antequera, Andalusia, Spanyol Selatan. Ketiga dolmen yang diberi nama The Menga, Viera Dolmen, dan Tolos of El Romeral ini dibangun pada zaman neolitikum dan zaman perunggu untuk menguburkan orang mati yang terbuat dari bebatuan besar.

Ada banyak situs dolmen yang tersebar di seluruh dunia. Dolmen di Antequera menjadi salah satu situs megalitik kuno terbesar di Eropa.

2. Situs Arkeologi Ani, Turki

Di abad pertengahan, Ani pernah menjadi kota yang berkembang pesat di Kerajaan Armenia. Ani menjadi kota yang strategis, yaitu persimpangan jalur sutra yang sering dilalui para pedagang.

Kota ini memiliki ratusan bangunan perumahan, tempat peribadatan dan gedung militer yang dibangun berabad-abad lalu oleh dinasti Kristen dan kemudian Muslim. Namun kemudian Ani menjadi kota yang hancur dan kacau balau pada 1319 karena adanya invasi Mongol dan gempa bumi dahsyat.

3. Universitas Nalanda, India

Nalanda Mahavihara kuno atau Universitas Negeri Bihar yang terletak di utara India, didirikan pada abad ke-5 SM. Situs ini menjadi salah satu pusat pendidikan paling penting di India sampai abad ke-13.

Pada masanya, universitas ini banyak mencetak sarjana dari berbagai Negara, seperti Tibet, Cina, Korea, dan negara-negara Asia Tengah. Di Nalanda, para siswa mempelajari tentang Buddhisme, logika, tata bahasa Sansekerta, obat-obatan dan kitab suci Hindu kuno seperti Weda dan Samkhya.

Nalanda kemudian hancur saat dinasti Muslim melakukan invasi dan akhirnya ditinggalkan. Namun sekarang Nalanda telah menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement