Selasa 05 Jul 2016 11:31 WIB

Perhatikan Faktor Pengeluaran Nikah yang tak Terduga

Ijab kabul pernikahan.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ijab kabul pernikahan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Berencana untuk menikah dan segera memulai sebuah kehidupan yang baru tentu akan membuat semangat dan begitu antusias untuk menyiapkan segala sesuatunya. Banyak hal yang akan dipikirkan untuk pernikahan, sehingga Anda harus mulai mempersiapkannya sejak beberapa waktu sebelum acara tersebut digelar. Hampir semua orang menginginkan sebuah pernikahan yang istimewa.

Pernikahan akan menjadi sebuah momen sakral itulah mengapa semua orang menginginkan sebuah pernikahan yang begitu berkesan serta dikenang oleh banyak orang. Salah satu hal yang wajib untuk dipersiapkan sejak jauh-jauh hari adalah biaya pernikahan, sebab jumlahnya terbilang cukup besar, tergantung pada konsep serta berbagai hal lainnya yang akan digunakan di dalam pernikahan.

Sebagian besar orang akan memberikan perhatian khusus terkait dengan biaya pernikahan, bahkan hampir semua orang menyiapkan dan memeprhitungkan hal tersebut sejak jauh-jauh hari agar tidak mengganggu pernikahan itu sendiri. Namun meski demikian, ada saja beberapa hal kecil yang sering luput dari perhitungan.

Jumlahnya mungkin tidaklah terlalu besar, namun jika dikumpulkan biaya-biaya ini bisa juga menguras dana pernikahan hingga dalam. Jangan lupa untuk memperhitungkan juga printilan ini di dalam anggaran pernikahan, agar jangan sampai kehabisan uang atau bahkan kekurangan uang ketika melangsungkan pernikahan. Beberapa poin di bawah ini merupakan printilan di dalam biaya pernikahan yang wajib diperhitungkan.

Dana Makan dan Cemilan Selama Persiapan Pernikahan

Ini mungkin terdengar ringan, namun menyiapkan dana makan untuk belasan atau bahkan puluhan orang sekaligus bukanlah hal sepele yang tidak perlu dipikirkan. Biaya ini cukup besar dan jika tidak jeli bisa saja menambah biaya katering cukup banyak. Siapkan sejak awal, agar tidak kewalahan dengan sejumlah biaya ini di hari pernikahan nanti.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement