Selasa 05 Jul 2016 09:25 WIB

8 Tips Merawat Kulit Agar Tetap Muda dan Sehat

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Indira Rezkisari
Perawatan kulit wanita
Foto: pixabay
Perawatan kulit wanita

REPUBLIKA.CO.ID, Seiring dengan bertambahnya usia, kulit kita pun akan ikut menua. Semua hal yang alami ini tidak dapat kita hindari namun bisa dicegah.

Selain pencegahan melalui beragam makanan, faktor perubahan gaya hidup juga harus dilakukan. Spesialis kulit dan kelamin RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Susie Rendra, SpKK mengungkapkan beberapa tips berikut agar kulit tetap terlihat segar meski usia terus bertambah.

1. Kurangi aktivitas di luar ruangan, guna menghindari pajanan sinar matahari yang terlalu sering.

2. Hindari berjemur di terik matahari hingga warna kulit berubah menjadi cokelat. Jika ingin berjemur, lakukan secukupnya maksimal 15 menit dan tetap gunakan sunblock atau pelindung kulit agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

3. Ubah gaya hidup dengan menghindari rokok, stres, dan upayakan untuk selalu tidur cukup agar kulit tetap sehat dan terlihat segar.

4. Jika berbicara soal penuaan, sebaiknya hindari melakukan senam wajah, sebab gerakan-gerakan senam bisa membuat daerah tertentu lebih cepat mengkerut.

5. Jika perlu, konsumsi vitamin antioksidan guna mencegah efek buruk dari radikal bebas.

6. Rutin membersihkan wajah dan selalu menggunakan pelembab wajah atau sunblock ketika hendak bepergian ke luar rumah.

7. Gunakan krim atau pelembab malam (night cream), untuk membantu meregenerasi kulit ketika tidur di malam hari.

8. Upayakan untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah serta air putih, agar kulit tidak kering dan senantiasa selalu sehat dan segar setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement