Senin 04 Jul 2016 12:02 WIB

Sosialisasi MTQ Nasional, Nobar Film Kalam Kalam Langit akan Digelar di 34 Kota

Beberapa pemeran film
Foto: Irwan Kelana/Republika
Beberapa pemeran film

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Film Kalam Kalam Langit akan dijadikan alat sosialisasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional yang akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 30 Juli hingga 7 Agustus 2016.

“Menteri Agama Lukman hakim Saefuddin menyatakan sangat antusias menjadikan film Kalam Kalam Langit sebagai tools sosialisasi MTQ Nasional ke-26. Hal tersebut dinyatakan oleh Menag pada Rakor Nasional Persiapan MTQ Nasional ke-26 di Jakarta, 31 Mei 2016,” kata produser film Kalam Kalam Langit (KKL) Dhoni Ramadhan kepada Republika, Senin (4/7).

Rakor Nasional Persiapan MTQ Nasional ke-26 tersebut dihadiri Menteri Agama, Gubernur NTB , Dirjen Bimas Islam dan Wakil Gubernur, Bupati dan Kakanwil Kemenag seluruh Indonesia. “Pada Rakor Nasional tersebut kami berkesempatan memutar trailer Film KKL, dan  Menag menyatakan sangat tertarik menjadikan film KKL untuk sosialisasi MTQ Nasional ke-26,” tutur Dhoni.

Untuk itu, kata Dhoni, Menag Lukman Hakim telah memerintahkan untuk menggelar nonton  bareng (nobar) film KKL di 34 kota. “Nobar tersebut dikoordinasikan tiap-tiap Kanwil Kemenag yang menjadi koordinator program sosialisasi MTQ Nasional ke-26 tersebut,” papar Dhoni.

Dhoni menyebutkan, nobar film KKL tersebut   sedang direncanakan akan di laksanakan secara serentak pada pertengahan bulan Juli 2016 menjelang penyelenggaraan MTQ ke-26 di Lombok.

Dhoni menambahkan, dari 34 provinsi yang direncanakan, pada tahap awal acara nobar film KKL akan diadakan di lima kota besar, yakni Jakarta, Lombok, Bandung, Makasar dan Surabaya. Nanti dari lima  kota ini akan menjadi prototipe buat provinsi lainnya.

“Semoga  penyelenggaraan MTQ ke-26 tahun 2016 ini menjadi momentum keberhasilan penyelenggaraan MTQ di era kepemimpinan  Lukman Hakim Saefuddin sebagai Mentri Agama. Di mana ada sosialisasi MTQ melalui film layar lebar,” ujar Dhoni.

Film Kalam Kalam Langit dibintangi oleh Dimas Seto, Elyzia Mulachela, Meriza Febriani, Ibnu Jamil,  Mathias Muchus, dan Henidar Amroe.  Film Kalam Kalam Langit memadukan cinta segitiga, kesyahduan lantunan ayat-ayat Alquran dan pesona keindahan alam Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Film KKL menceritakan tentang perjuangan seorang qari (pembaca Alquran) dalam mengejar cita-citanya,  antara lain melalui MTQ tingkat nasional. Perjuangan tersebut tidak mudah, namun  dengan kerja keras akhirnya cita-cita tersebut bisa tercapai.

“Tema yang diangkat dalam film ini memang sangat cocok dengan event MTQ Nasional ke-26 yang digelar di Lombok, akhir Juli hingga minggu pertama Agustus 2016,” papar Dhoni Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement