Jumat 01 Jul 2016 12:05 WIB

Hiu Putih Ini Tertangkap Kamera Saat Sedang Tidur

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Hiu Putih. Ilustrasi
Foto: Google
Hiu Putih. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO -- Apakah Anda tahu seperti apa cara hiu tidur? Yang jelas tidak sama dengan manusia yang berbaring dan memejamkan mata.

Untuk pertama kalinya, hiu putih yang sedang 'tidur siang' berhasil diabadikan oleh kamera dari kapal selam robotik. Kamera milik tim Jaws of the Deep itu mengikuti hiu yang berenang dari perairan Twin Canyons ke sebelah selatan Pulau Guadalupe, Meksiko.

Saat tidur, pergerakan tubuh hiu putih alias Carcharodon carcharias itu tampak melambat dan masuk ke mode auto-pilot. Tim pengamat menyebut hiu putih yang mulutnya menganga santai saat tidur itu terlihat tujuh persen kurang menakutkan daripada saat terjaga.

Mayoritas spesies hiu, termasuk hiu putih, tidur di siang hari ketika mereka menghemat energi untuk berburu pada malam hari. Berbeda dengan sebagian besar ikan yang diam dan memposisikan diri dekat dasar laut saat tidur, hiu putih justru terus bergerak dan berenang.

Rekaman yang diposting dari Shark Week 2016 itu menjelaskan alasan kuat mengapa hiu harus terus bergerak saat tidur. Hiu rupanya membutuhkan pergerakan air untuk tetap bisa bernapas dan harus terus memompa udara yang disalurkan ke dalam insang.

Berat tubuh hiu juga lebih berat dari air karena tidak adanya organ seperti balon berisi gas seperti ikan-ikan lain. Karena itu, hiu harus tetap berenang agar tidak tercekik dan tenggelam ke dasar laut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement