Rabu 29 Jun 2016 13:04 WIB

Pilihan Bisnis Pas Mahasiswa di Musim Liburan

Menjadi pemandu wisata
Foto:
Fotografer

Bisnis Jasa Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas bukan hanya membuat sebuah tulisan dengan menyalin dari sumber yang ada, namun menjadi penulis lepas juga harus bisa mengajak para pembacanya menjadi hanyut ketika membaca tulisan yang dibuat. Jika memang memiliki minat menulis, ini bisa dijadikan sebagai bahan bisnis. Ada banyak situs populer yang saat ini memerlukan jasa penulis lepas seperti ini.

Selalu kerjakan proyek menulis sesuai waktu yang ditentukan, agar pemberi kerja puas dan bisa melanjutkan kerja samanya dengan Anda. Modal yang diperlukan untuk bisnis ini adalah sebuah laptop atau komputer dan juga internet tentunya.

Bisnis Jasa Translator

Masih berhubungan dengan menulis, namun jasa translator biasanya menterjemahkan terlebih dulu suatu tulisan yang awalnya bukan bahasa Indonesia atau sebaliknya, dari bahasa Indonesia ke Bahasa Asing. Jasa seperti ini juga sering ada orang yang mencari, biasanya perusahaan tertentu yang sering mendapat dokumen dalam bahasa asing.

Untuk jasa penerjemah ini, Anda perlu memahami suatu bahasa asing tertentu secara penuh, atau juga bisa meminta bantuan Google translate untuk menterjemahkan bahasa asing tersebut. Lakukan promo sebanyak-banyaknya lewat media sosial untuk mendapatkan klien jasa translator.

Bisnis Fotografi

Memiliki kamera DSLR sepertinya bukan hal yang sulit bagi anak muda zaman sekarang. Terlebih kegiatan Fotografi saat ini tidak hanya dilakukan oleh para profesional, tapi yang amatiran juga bisa menjadi fotografer. Namun, bila untuk dibuat menjadi bisnis fotografi, setidaknya keahlian dasar fotografi dengan kamera DSLR ini harus Anda kuasai.

Lebih baik lagi jika memiliki kamera DSLR sendiri, ini bisa dikomersilkan. Tawarkan jasa fotografi tersebut kepada teman, kerabat, dosen dan siapa saja yang dikenal, karena fotografi sudah banyak peminat jasanya saat ini. Dengan pasar yang luas, Anda tinggal memaksimalkan kinerja dan promonya saja. Keuntungan yang didapat dari bisnis fotografi juga sangat maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement