Rabu 29 Jun 2016 13:04 WIB

Pilihan Bisnis Pas Mahasiswa di Musim Liburan

Menjadi pemandu wisata
Foto: flickr
Menjadi pemandu wisata

REPUBLIKA.CO.ID, Musim liburan adalah musim yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Ada banyak kegiatan yang ingin dilakukan sebagian besar orang selama liburan. Suasana liburan seperti ini juga rupanya dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tidak pergi berlibur untuk berbisnis.

Berbisnis saat musim liburan ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Seperti yang dilakukan oleh para mahasiswa yang sedang menghadapi libur semester. Biasanya, liburan semester ini cukup lama hingga mencapai 3 Bulan. Para mahasiswa yang memiliki minat berbisnis bisa memanfaatkan waktu liburan ini untuk memulai bisnisnya.

Berbisnis saat sekarang ini tidak selalu harus yang bermodal besar. Dengan modal kecil, kita sudah bisa memulai bisnis, bahkan nyaris tanpa modal juga kita bisa memulai sebuah bisnis. Para mahasiswa yang sebagian besar masih terkendala dengan modal usaha, mereka bisa mencari alternatif usaha yang tidak terlalu memerlukan modal yang besar. Saat ini, sudah bermunculan bisnis-bisnis unik ala mahasiswa yang mendatangkan keuntungan yang lumayan untuk mereka. Selain berlibur, mereka bisa memiliki uang saku tambahan untuk keperluannya sendiri.

Jenis bisnis apa yang cocok dijalankan oleh para mahasiswa/mahasiswi ini, yang bisa dilakukan saat musim liburan tiba, berikut ulasannya

Bisnis Jasa Pemandu Wisata

Ini adalah salah satu bisnis yang cukup mudah dan biasa dipilih oleh para mahasiswa sebagai usaha mereka disamping perkuliahan yang dilakukan. Jika anda memiliki kampus yang ternyata berlokasi di dekat tempat wisata, ini bisa jadi peluang yang bagus untuk anda.

Tawarkan jasa travel guide kepada teman-teman kampus, dan siapa tahu teman-teman tersebut meneruskan promosinya ke kerabatnya yang lain. Berikan pamflet khusus yang berisi rincian harga paket tour guide dan juga tujuan wisatanya. Tawarkan harga yang ekonomis dan bersaing. Cantumkan no kontak Anda.

Bisnis Camilan Unik

Bisnis yang juga bisa para mahasiswa coba adalah bisnis camilan. Camilan adalah makanan ringan yang biasanya disukai orang Indonesia saat di waktu-waktu senggang. Ada beragam jenis camilan yang sering dijual di toko oleh-oleh maupun yang dijual secara online. Karena banyaknya jenis camilan ini, mungkin anda bisa lebih berinovasi untuk menciptakan camilan baru dengan rasa enak tentunya.

Seperti yang cukup terkenal adalah keripik pedas dan juga mie lidi Jepang yang hadir dalam berbagai aneka rasa. Buatlah camilan yang berkualitas dan menarik baik dari segi bentuk camilanya maupun kemasan luarnya. Lakukan promo berupa diskon setiap penjualannya, bisnis camilan ini akan laris manis di musim liburan.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement