Senin 27 Jun 2016 07:55 WIB

Fakta Menarik Seputar Hari Senin

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Hari Senin
Foto: ist
Hari Senin

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak ada yang salah dengan hari Senin. Banyak orang tak menyukainya hanya karena berarti kembali ke rutinitas melelahkan setelah akhir pekan yang menyenangkan.

Namun, ada sejumlah fakta menarik tentang hari yang mengawali pekan ini. Menyimaknya mungkin dapat menghibur atau membuat Anda berusaha menyukai hari Senin.

- Senin adalah hari yang paling sedikit berhujan dalam sepekan. Hal ini diduga merupakan dampak menurunnya polusi buatan manusia selama akhir pekan.

- Kata Senin dalam bahasa Inggris, Monday, merupakan anagram dari kata dinamo. Monday juga istilah slang untuk palu besar yang berat.

- Rata-rata terdapat 52 hari Senin dalam satu tahun. Namun, ada 53 hari Senin di tahun 2012 dan akan berulang lagi pada tahun 2018.

- Mulailah tersenyum dan bersyukur. Menurut sebuah studi oleh Marmite pada tahun 2011, rata-rata orang di Inggris tidak tersenyum sampai pukul 11.16 pada hari Senin.

- Orang-orang melakukan transaksi belanja daring terbanyak pada hari Senin daripada yang mereka lakukan setiap hari dalam sepekan.

- Sebuah film pendek yang mengandung kata 'Senin' pernah diganjar Piala Oscar. Film itu ialah Closed Mondays yang memenangkan kategori Best Animated Short Film pada tahun 1974.

- Bob Geldof dari band Irlandia The Boomtown Rats menggubah lagu I Don't Like Mondays pada tahun 1979. Ia terinspirasi setelah membaca berita tentang seorang gadis remaja yang melakukan penembakan hanya karena tidak suka hari Senin, dilansir laman Express UK.

(baca: Uniknya 'Batu Lumut' 3.000 Tahun di Andes)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement