Kamis 23 Jun 2016 17:33 WIB

Ini Cara Tika Bisono Jauhkan Anak dari Lagu Orang Dewasa

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Tika Bisono
Foto: Twitter
Tika Bisono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minimnya lagu anak-anak saat ini membuat banyak anak lebih 'akrab' dengan lagu-lagu orang dewasa. Untuk mendorong lahirnya lebih banyak lagu yang sesuai dengan jiwa dan tumbuh kembang anak, psikolog Tika Bisono menyelenggarakan Ajang Cipta Lagu Anak (Acila) Indonesia.

Tika mengatakan anak-anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar cenderung tak lagi menyukai lagu anak-anak yang biasa dinyanyikan di TK. Di sisi lain, anak-anak ini juga tidak memiliki lagu spesifik yang sesuai dengan usia dan perkembangan mereka. Akhirnya, banyak anak-anak yang memilih lagu populer orang dewasa untuk dinyanyikan, termasuk dalam ajang menyanyi anak-anak. "Akhirnya mereka nyanyi lagu dewasa. Ini yang kita perangi sebenarnya," jelas Tika kepada Republika.co.id pada Kamis (23/6).

Melalui Acila Indonesia, Tika ingin mendorong diproduksinya lebih banyak lagi lagu yang sesuai dengan anak-anak. Di samping itu, Tika juga ingin merangsang para pencipta lagu untuk lebih produktif dalam menciptakan lagu anak-anak dengan genre pop yang populer.

"Di sini pendekatannya lebih ke pop Indonesia. Seperti lagu 'Laskar Pelangi', bukan lagu TK, playgroup. Seperti lagu-lagu Disney yang pas untuk anak SD sampai SMP," tambah Tika.

Oleh karena itu, Tika berharap ada lebih banyak lagi pencipta lagu yang ikut berpartisipasi dalam Acila Indonesia yang kompetisinya masih dibuka hingga akhir Juni ini. Dengan begitu, para pencipta lagu juga akan iut berpartisipasi dalam mengembalikan kembali anak-anak untuk menyanyikan lagu dengan lirik yang sesuai dengan anak-anak. "Jadi kita coba kembalikan anak ke musiknya, ke lagunya, ke liriknya," jelas Tika.

Melalui laman resminya acilaindonesia.com, Acila Indonesia mendorong para pencipta lagu untuk menuliskan lagu dalam enam tema besar yang mendidik anak. Keenam tema tersebut ialah kedamaian, saling menghargai, cinta dan kasih sayang, toleransi, tolong menolong dan persatuan. Pihak Acila Indonesia pun telah menyiapkan hadiah total hingga puluhan juta rupiah bagi para pemenang lomba penciptaan lagu anak ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement