Ahad 19 Jun 2016 05:44 WIB

Wow! Seoul Segera Buka Taman Baru Khusus Drone

Rep: Adysha Citra R/ Red: Ani Nursalikah
Drone
Foto: Japantimes
Drone

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Seoul memiliki aturan yang ketat terkait pengoperasian drone (pesawat tanpa awak). Meski begitu, pemerintah juga tetapi memfasilitasi para pecinta drone dengan menyediakan taman khusus untuk menerbangkan drone.

Taman khusus drone baru di Seoul ini rencananya akan dibangun di lahan seluas 27 ribu meter persegi. Lahan tersebut terletak persis di samping sungai Han. Seperti dilansir BBC, taman khusus drone ini siap untuk digunakan warga Korea Selatan pada 25 Juni mendatang.

Tak hanya menyediakan lahan untuk menerbangkan drone, taman ini juga akan dilengkapi beberapa fasilitas tambahan. Salah satunya, taman khusus drone ini memiliki bagian pusat informasi yang menyediakan berbagai saran terkait isu keselamatan.

Taman ini juga rencananya akan dilengkapi dengan area balapan drone. Di samping itu, tersedia pula pilot's lounge yang dapat menjadi tempat para pengemudi drone bersantai.

Untuk bisa menerbangkan drone di taman ini, warga juga perlu memiliki perencanaan yang matang jauh-jauh hari. Pasalnya, hanya 30 drone saja yang boleh diterbangkan di taman ini dalam satu waktu dan pengunjung yang tiba terlebih dahulu yang akan dilayani lebih cepat.

Pengguna drone juga harus memastikan drone yang mereka gunakan sesuai dengan ketentuan taman ini. Berat maksimal drone yang boleh dioperasikan ialah 12 Kg. Ketika dioperasikan, drone juga tidak boleh melampaui batas maksimal ketinggian yaitu 150 meter.

"(Pengunjung) bisa menikmati menerbangkan drone mereka dengan aman dan bebas," ujar pemerintah Seoul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement