Selasa 14 Jun 2016 16:43 WIB

Tak Ragu Berinvestasi Secara Syariah

Logam Mulia, salah satu bentuk investasi syariah.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Logam Mulia, salah satu bentuk investasi syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya investasi untuk masa depan. Tidak harus dalam bentuk saham perusahaan, tapi juga investasi kecil-kecilan seperti investasi emas maupun investasi tanah. Maka dari itu, berbagai lembaga keuangan bank pun juga berusaha memfasilitasi hal ini serta memanfaatkan peluang untuk menghimpun dana dari masyarakat.

Cara pikir masyarakat mulai diarahkan bahwa menabung bukan sekadar untuk menyimpan uang tetapi juga mempersiapkan masa depan. Masyarakat mulai diajarkan pentingnya memiliki investasi guna melindungi nilai harta dan uang di masa depan yang mana kita tahu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah BI Rate.

Investasi syariah merupakan salah satu produk yang kini mulai banyak diminati oleh masyarakat. Sebenarnya, apa sih keunggulannya? Lalu, bagaimana cara melakukannya? Berikut ini adalah pembahasannya untuk Anda.

Keunggulan Investasi Syariah

Meski investasi syariah tergolong baru dalam dunia perbankan di Indonesia, bukan berarti jenis investasi ini sulit diterima oleh masyarakat kita. Investasi syariah bahkan terbukti dapat memikat masyarakat Indonesia dengan fakta semakin banyaknya bank yang turut membuka produk ini.

Kelebihan investasi syariah menjadi kekuatan mengapa kehadirannya patut Anda pertimbangkan, di antaranya.

Investasi Dijamin Halal

Karena berlandaskan aturan dalam agama Islam, tentu investasi yang dilakukan bank ini lebih terjamin tingkat kehalalannya. Investasi syariah tidak mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dengan sistem bunga yang dinilai lebih memberikan keuntungan bagi pihak bank. Sistem yang digunakan di sini adalah sistem bagi hasil. Bagi sebagian orang, hal ini tentu saja sangat menguntungkan dibandingkan dengan sistem bunga yang ditetapkan pada jenis investasi non-syariah.

Lebih Jelas Pengaturannya

Berbeda dengan investasi non-syariah yang mungkin tidak jelas apakah dana Anda benar-benar digunakan untuk pembiayaan operasional perusahaan atau tidak, di investasi syariah ini Anda akan mendapatkan kejelasan ke mana dan untuk apa dana Anda digunakan. Tentu saja aktivitas yang memanfaatkan dana Anda ini juga tidak sembarangan dan tetap dijamin kehalalannya. Investasi syariah tidak hanya memberikan jaminan kejelasan penggunaan dari pihak bank namun juga dari pihak perusahaan.

Stabilitasnya Relatif Tinggi

Di saat perekonomian global terguncang dan mengakibatkan banyak bank dunia harus menelan bulat-bulat kerugian yang mereka terima, perbankan berbasis syariah terbukti lebih mampu bertahan dan bersaing pada kondisi ekonomi yang belum atau bahkan tidak stabil.

Adanya Kegiatan Sosial

Kemudahan lainnya juga ditawarkan kepada investor syariah, yaitu kemudahan berkegiatan sosial seperti zakat, infaq, hingga sedekah. Perbankan syariah pun menjamin dengan adanya basis terpercaya terkait dengan penyaluran dana tersebut.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement