Ahad 12 Jun 2016 04:36 WIB

Wanita Bertahan Hidup Setelah Digerogoti Bakteri Pemakan Daging (2-Habis)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Aimee Copeland
Foto: FB aimee copeland
Aimee Copeland

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah didiagnosis, menderita necrotizing fasciitis, sebuah penyakit akibat bakteri pemakan daging, Aimee Copeland harus pasrah empat bagian tubuhnya diamputasi. Dan ternyata ia membutuhkan masa pemulihan yang panjang.

Ini merupakan masa-masa kelam buat Aimee, tapi dia mengatakan dia selalu memutuskan berjuang untuk hidupnya dan bergerak maju, meskipun kendala yang tak terbayangnya antara fisik dan emosi. Duduk di atas kekuatannya kursi roda di ruang tamu yang dia sesuaikan dengan tiga kamar tidur di rumahnya di Atlanta pada hari yang panas di bulan Mei, dia mengatakan tidak akan menyerah.

"Selalu ada harapan untuk hari lain dan naluri terus menerus untuk menjaga, mencoba dan tidak pernah menyerah.”

Kapanpun seseorang mengatakan kepadanya bahwa dia tidak dapat melakukan apapun karena disabilitasnya, seperti membuat kuncir kuda untuk rambutnya dijadikannya sebagai motivasi. Selama dua bulan dalam rehabilitasi, terapisnya mengatakan padanya bahwa kebanyakan perempuan dalam situasi ini memotong pendek rambutnya, karena dia tidak dapat memanjangkan rambutnya. Buat Aimee, itu bukan sebuah jawaban.

"Saya berjanji pada hari itu untuk belajar membuat kuncir kuda," ujarnya, berdiri di depan kaca kamar mandi dan menarik rambutnya ke atas. “Jika Anda benar-benar inginkan itu kemudian hari dan mungkin akan terjadi 50 tahun lagi dari sekarang, Anda akan mencari tahu.”

Mengembalikan rasa percaya dirinya sangat sulit, terutama ketika dia menyadari hubungan dengan kekasihnya selama tiga tahun telah berubah. Mengikuti kejadian itu, dia berkata mantan pacarnya itu sangat mendukungnya. “Tapi seiring waktu berlalu, sesuatu berubah diantara mereka."

Nasib Aimee Copeland memang tidka seberuntung gadis lain seusianya. Kisah hidupnya begitu menyedihkan, dari hidup bahagia, tubuh indah, wajah cantik, kini ia harus kehilangan anggota tubuhnya.

Dia mengatakan tapi dengan semangat dari teman-temannya, Aimee bisa kembali menemukan cinta. Tanpa disangka ia menemukan Stephen, pria 29 tahun dari Fayetteville, Georgia.

Aimee mengatakan Stephen berpikir tubuhnya sempurna, sesuatu yang dia tidak pernah berpikir akan mendengarnya dari orang lain. “Dia menerima saya untuk segala sesuatunya lebih dalam dibanding apa yang saya tampilkan di luar,” ujarnya seperti dilansir dari laman People, Sabtu (11/6).

Hari ini, tidak ada yang menghentikannya. Aimee suka memasak untuk temannya di dapur terbukanya, bekerja keluar, bermain kayak  dan menyetir sendiri mobil van yang dimodifikasi. Dia baru-baru ini juga menyelesaikan gelar master keduanya di pekerjaan sosial dan dia berencana membuka pusat komunitas keseluruhan non-laba untuk orang-orang disabilitas. Dengan seluruh hidupnya yang berjalan terus, dia mengatakan, ”kepercayaan diri saya tidak pernah setinggi ini. Saya telah pergi dari gadis yang sebelumnya. Saya menemukan diri Saya seutuhnya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement