Ahad 12 Jun 2016 04:26 WIB

Wanita Bertahan Hidup Setelah Digerogoti Bakteri Pemakan Daging (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Aimee Copeland
Foto: FB aimee copeland
Aimee Copeland

REPUBLIKA.CO.ID, Aimee Copeland, seorang gadis yang mampu bertahan hidup setelah bakteri pemakan daging menggerogoti tubuhnya. Setelah dirinya menjalani amputasi di kaki dan tangannya, kini ia membuka lembaran baru dengan kisah cinta dan kehidupan baru.

Kisah ini berawal sejak dirinya yang berprofesi sebagai pelayan paruh waktu di kafe di The Sunnyside Café di Carrollton, Georgia, berlibur bersama teman perempuannya, Mei 2012 silam. Kala itu ia dan rekannya memutuskan untuk menghabiskan sisa hari yang cerah di dekat sungai lokal.

Petualang berusia 24 tahun ini yang mendapatkan gelar masters dalam ilmu psikologi di Universitas Georgia, mengganti baju renang dan menyeberangi perairan dangkal sungai. Ia dan rekannya menaiki flying fox atau semacam tali panjang yang mereka temukan tergantung di bagian atas pohon, sekitar enam kaki ke atas.

Ketika Aimee menaikinya untuk kedua kalinya, dia jatuh terhempas dan jatuh tepat di atas batu tajam di bawahnya. Membuatnya terluka dalam dan besar di bagian betis kirinya. “Saya tahu, saya telah terluka sangat buruk dan saya tahu rasanya sakit tapi saya tidak tahu seberapa jauh,” ujarnya yang sekarang berusia 28 tahun kepada People.

Di rumah sakit, dokter memberinya 22 jahitan. Tapi setelah melewati beberapa hari kakinya tak kunjung membaik.

Dia bahkan berkata pada salah satu temannya bahwa dia berpikir mungkin sesuatu yang buruk karena dia merasakan sakit di atas pahanya. Tiga hari setelah kejadian, di pagi buta tepatnya 4 Mei 2012 silam, terjadi hal mengerikan. Aimee bangun dengan lepuh darah, dan semalaman kaki kirinya membusuk dan menjalar ke pahanya dan dia tidak bisa bicara.

“Lidah saya layu seperti lidah kadal. Pacar Saya segera merebahkan saya dibahunya dan meletakkan saya di mobil dan membawa saya ke unit gawat darurat,” paparnya.

Di rumah sakit, dokter mendiagnosis dirinya menderita necrotizing fasciitis, sebuah penyakit akibat bakteri pemakan daging yang hampir merenggut hidupnya. Mereka dengan cepat  menyelamatkan hidupnya.

Ajaibnya, Aimee bertahan, tapi dia tidak pernah menjadi Aimee yang sama. Dokter harus mengamputasi empat anggota badannya, diantaranya adalah lengannya di bawah sikut, kaki kanannya di bawah lutut, dan kaki kirinya hampir sampai pangkal paha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement