Jumat 10 Jun 2016 09:30 WIB

Bingung Merawat Kulit? Yuk, Kenali Ragamnya

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perawatan kulit wanita
Foto: Republika/Prayogi
Perawatan kulit wanita

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk meremajakan kulit wajah ada beragam perawatan yang harus dijalani. Yang sudah dikenal oleh masyarakat luas biasanya adalah botox, growth factor, dan laser. Namun di samping itu, masih banyak jenis perawatan untuk peremajaan kulit wajah.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Bames Skin Care, Klinik Spesialis Kulit, dr Conny Melly, SpKK, menjelaskan ada sejumlah perawatan kulit, diantaranya non medikamentosa (dengan nutrisi), medikamentosa (produk perawatan kulit, terapi hormon), growth factor, peeling kimiawi, dermabrasi atau microdermabrasi, laser, radiofrekuensi, terapi hiperbarik oksigen, botox, filler, radio frekuensi, dan face lift.

Mari mencoba mengenalinya, satu per satu.

Microdermabrasi

Merupakan perawatan kulit untuk mengikis lapisan permukaan kulit (sel-sel kulit mati) sehingga terjadi regenerasi sel yang lebih cepat dan efektif sel-sel kulit baru yang sehat. “Ini merupakan power peel, crystal peel, parisian peel, dan diamond peel," kaya dr Conny.

Jenis mikrodermabrasi ada dua, mikrodermabrasi kristal dan mikrodermabrasi diamond. Mikrodermabrasi kristal menggunakan kristal alumunium oksida atau natrium bikarbonat. Terdapat risiko kristal terhirup, tertelan atau masuk ke mata.

Sedangkan mikrodermabrasi diamond, bebas kristal, lebih aman dan diamond tip disposabe lebih steril. “Terhindar dari kristal masuk ke mata, tertelan atau terhirup,” jelasnya dalam acara Seminar Media Kompetensi Spesialis dan Pemanfaatan Teknologi Kunci Utama untuk Perawatan Kulit Optimal, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Keunggulan perawatan ini adalah tindakan non-bedah, dapat digunakan pada semua tipe kulit, tidak sakit, sederhana dan cepat, dapat diulang dalam jangka waktu pendek dan risiko efek samping minimal. Kegunaannya bisa membuat kerut halus, pori-pori besar, jerawat, hiperpigmentasi dan jaringan parut dangkal.

“Setelah tindakan gunakan masker untuk mengurangi kemerahan. Masker ini sebagai nutrisi menjaga kelembaban,” ujarnya.

Salah satu masker yang baik digunakan adalah green mask. Masker ini memakai bahan rumput laut (original algae). Baik sekali untuk menenangkan kulit dan kurangi kemerahan. Masker ini membuat kelembabannya alami terjaga sampai tiga hari.

Untuk menggunakan masker ini, bukan dicampur dengan air, tapi dengan gel. Sehingga terjamin steril dan bebas dari kandungan mineral dalam air yang tidak dibutuhkan kulit wajah. Air akan cepat kering pada campuran masker sehingga berbahaya jika telat mengangkat maskernya karena masker akan menyerap air dari kulit wajah membuat wajah menjadi kering.

Masker ini mendinginkan kulit, mengurangi kemerahan , melembapkan, dan memberi nutrisi pada kulit. Masker digunakan juga untuk mata dan bibir, mensuplai vitamin dan member efek antikerut yang membuat mata dan bibir lembap dan kenyal. Sangat lembut sehingga aman jika terkena rambut, tidak akan putus atau sakit pada saat dibersihkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement