Rabu 01 Jun 2016 11:09 WIB

Ini Dia Rahasia Cantik Menggunakan Kopi

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Bubuk kopi (ilustrasi)
Foto: Boldsky
Bubuk kopi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu membuat seseorang menahan rasa kantuk saat sedang melakukan aktivitas. Kopi juga sebenarnya adalah produk keajaiban yang memiliki berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. Termasuk untuk kecantikan.

Kopi dapat menjadi salah satu alternatif untuk melakukan perawatan kecantikan alami tanpa efek samping. Dilansir dalam laman resmi Boldsky, ada beberapa rahasia kecantikan yang bisa didapatkan dengan menggunakan biji kopi. Selain untuk membuat wajah lebih cerah, kopi juga dapat menjadikan kulit kita terlihat sehat dan kencang.

Kopi misalnya, bisa digunakan untuk proses exfoliation. Exfoliation sendiri adalah pengelupasan kulit dengan menggunakan scrub yang bertujuan mengangkat sel kulit mati. Juga mengangkat kotoran yang menyumbat kulit dan menyebabkan munculnya jerawat, memperlancar aliran darah di wajah sekaligus mencerahkan kulit.

Tekstur kasar dari bubuk kopi inilah yang menjadi bahan alami yang sempurna untuk proses exfoliation. Untuk hasil yang lebih baik, kita dapat menggabungkan bubuk kopi dengan minyak zaitun atau air hingga membentuk pasta. Kemudian gosok pada kulit seperti saat kita melakukan exfoliation.

Kopi juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut untuk meningkatkan warna coklat pada rambut. Yang perlu dilakukan adalah dengan menggabungkan kopi bubuk dengan conditioner kemudian letakkan di kulit kepala. Diamkan sekitar lima hinga 10 menit kemudian dibilas.

Perawatan kecantikan ini juga dapat digunakan sebagai pengobatan besar untuk selulit dengan menggabungkan beberapa bubuk kopi dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian gosok kulit dengan pasta tersebut selama beberapa menit atau lebih. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal. Selain itu, kita dapat menggunakan kopi untuk masker wajah yang dapat dibuat sendiri untuk mengencangkan kulit dan juga menyingkirkan sel kulit mati.

Cara dengan menggabungkan bubuk kopi, madu mentah dan yoghurt kemudian aduk  rata. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement