Jumat 27 May 2016 17:11 WIB

Gaun Mendiang Putri Diana Kembali Dilelang

Rep: c34/ Red: Hazliansyah
Putri Diana
Foto: AP
Putri Diana

REPUBLIKA.CO.ID, -- Beberapa pakaian paling ikonik milik mendiang Putri Diana akan kembali dilelang. Pelelangan yang diselenggarakan oleh thesaleroom.com yang bekerja sama dengan rumah lelang terkemuka Eropa itu bakal berlangsung pada 14 Juni 2016.

Salah satunya ialah gaun malam hijau berpayet rancangan Catherine Walker. Mendiang Putri Diana mengenakannya pada kunjungan negara tahun 1986 ke Austria.

Saking percayanya kepada Walker, Diana bahkan disebut tidak meminta sketsa awal saat memesannya. Gaun mewah itu diperkirakan akan laku dilelang hingga 100.000 Poundsterling (sekira Rp 2 miliar), dikutip dari Daily Mail, Jumat (27/5).

Sandang Putri Diana lain yang akan dilepas ialah gaun terusan couture tartan rancangan Elizabeth Emanuel. Meski sama-sama bernuansa hijau, pakaian ini sama sekali lain dengan bahan wol, motif kotak-kotak, dan model kerah pelaut yang lebar.

Gaun itu dipakai Diana ketika mengunjungi Italia bersama Pangeran Charles dan kedua putra mereka di tahun 1985. Kisaran harga lelang untuk pakaian tersebut diprediksi antara 10.000 sampai 15.000 poundsterling (sekira Rp 200 juta sampai Rp 300 juta).

Sang perancang telah mengonfirmasi bahwa baju rancangannya hanya diproduksi untuk sang Putri dari Wales. Pada masa itu, pengamat busana dan pers cenderung kurang menyukainya dan mengomentari bahwa gaun itu tampak seperti selimut kuda.

Pakaian milik figur publik lain juga akan dilelang dalam kesempatan yang sama. Di antaranya adalah gaun emas Jean Paul Gaultier milik Madonna dari tahun 1990 dan gaun kimono milik penyanyi Islandia bernama Björk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement