Ahad 22 May 2016 14:07 WIB

Wanita Lebih Tertarik pada Pria Angkuh?

Rep: C38/ Red: Nur Aini
Pria tersenyum. Ilustrasi
Foto: doctorzwier.com
Pria tersenyum. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Emotion (Tracy & Beall, 2011), menemukan, wanita lebih gampang tertarik pada pria yang tampak angkuh atau merenung dibanding pria yang banyak senyum.

Sedikit tersenyum membuat seorang pria terlihat lebih maskulin. Hasil itu berlaku sebaliknya bagi perempuan.

"Menampakkan wajah gembira merupakan hal penting untuk menunjukkan interaksi sosial yang ramah.... Beberapa studi secara serius meneliti bahwa senyum membuat pria tertarik," kata Profesor Jessica Tracy, dilansir dari Spring, Ahad (22/5).

Studi ini menemukan bahwa pria dan wanita sangat berbeda dalam menampilkan emosi, termasuk senyum. Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.000 pria dan wanita dengan berbagai emosi.

Wanita ternyata lebih suka tampilan pria yang tampak bangga dan kuat. Kesan terhadap cara pria itu tersenyum bukanlah daya tarik utama.

Sebaliknya, pria menemukan senyuman seorang wanita menjadi daya tarik pertama yang memikat. Pria paling tertarik pada wanita yang tampak bangga dan percaya diri.

"Secara umum, hasil ini tampak mencerminkan beberapa nilai-nilai budaya dan norma gender yang sangat tradisional, yang dikembangkan dan diperkuat melalui sejarah, setidaknya dalam budaya Barat," kata Jessica.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement