Selasa 17 May 2016 06:18 WIB

8 Benda yang Seharusnya tak Disimpan di Kamar Mandi

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari
Kamar mandi
Foto: pixabay
Kamar mandi

REPUBLIKA.CO.ID, Ke kamar mandi menjadi bagian dari rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern.  Tapi tahukah Anda bahwa ternyata sekelompok barang yang biasanya digunakan dan disimpan setiap hari di kamar mandi mungkin akan rusak oleh suhu ruang yang pengap, dan lingkungan lembab kamar mandi.

Berikut delapan benda yang seharusnya tidak Anda simpan didalam kamar mandi.

Sikat Gigi

Salah satu benda yang selalu di simpan dikamar mandi oleh setiap orang, yaitu sikat gigi. Tapi para ilmuwan mengatakan Anda harus menghadapi sebuah risiko, terutama jika Anda sudah punya teman sekamar. Para peneliti dari Quinnipiac University menemukan 60 persen kotoran manusia dari sikat gigi yang disimpan di kamar mandi bersama, terlepas dari bagaimana sikat gigi itu disimpan. Karena menyiram lubang  kloset dengan air pun tidak membantu dalam membasmi pertumbuhan bakteri.

Selain itu menggunakan penutup sikat gigi justru memicu pertumbuhan bakteri lebih banyak karena kondisi sikat yang lembab.  Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan sikat gigi di  yang terbaik untuk membiarkan sikat gigi kering dengan sendirinya, yakni di luar kamar mandi  Anda.

Obat Pengendali  Kelahiran

Suhu panas yang naik-turun dan kelembaban di kamar mandi dapat mempengaruhi obat pengendali kelahiran atau biasa disebut pil KB, serta obat-obatan lainnya seperti pilek dan kapsul flu dan ibuprofen atau obat anti-inflamasi. Hal ini menyebabkan  kualitas obat tersebut memburuk  sebelum tanggal kedaluwarsa. Simpan obat Anda di tempat yang sejuk dan kering seperti laci lemari atau lemari dapur. Jauhi obat Anda dari kompor, wastafel, dan peralatan panas.

Pisau Cukur

Lingkungan lembab dapat menyebabkan pisau logam beroksidasi dan berkarat bahkan sebelum Anda sempat menggunakannya. Kecuali pisau cukur masih disegel dalam paket kedap udara,  jadi mulailah tentukan tempat baru untuk menyimpan peralatan cukur Anda.

Alat Kecantikan

Selama ini banyak kaum wanita yang menyimpan alat kecantikanya di kamar mandi.  Tapi hal itu malah membuat alat kecantikan yang Anda miliki tidak tahan lama. Panas dan kelembaban akan menurunkan kualitas  alat kecantikan yang Anda miliki.  Simpan di tempat yang sejuk,  dan tempat kering sebagai gantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement