Selasa 10 May 2016 14:15 WIB

3 Tips Mendapatkan Pinjaman dari Teman dan Keluarga

Meminjam uang
Foto: pixabay
Meminjam uang

REPUBLIKA.CO.ID, Meminjam uang kepada orang lain kadang merupakan solusi di tengah-tengah kesulitan keuangan. Hidup memang tidak selalu lancar, sekalipun sudah mendapatkan pekerjaan yang memberikan penghasilan yang relatif bagus. Ada kalanya kita masih tetap mengalami kesulitan keuangan.

Penyebabnya banyak, misalnya, isteri, anak, orang tua, saudara yang sakit atau kita sendiri sakit atau mendapat musibah. Bisa juga karena kita membelanjakan uang tanpa perencanaan sehingga tidak bisa menabung apalagi mempersiapkan dana cadangan.

Saat ini, fasilitas pinjaman uang telah banyak ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan dengan beberapa persyaratan. Namun demikian, fasilitas itu kadang, bahkan sering sulit untuk didapat karena banyaknya syarat yang harus dipenuhi. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk meminjam uang ke teman atau keluarga, simak beberapa cara berikut ini.

Periksa Gaya Hidup Anda

Tanyalah kepada diri Anda sendiri apakah Anda termasuk orang yang suka untuk membelanjakan uang tanpa perencanaan? Dalam sebuah perusahaan, setiap bulan mereka displin membuat anggaran, memonitor pengeluaran, mencatat penghasilan perusahaan, dan mempresentasikannya kepada Manajemen. Namun apabila, untuk kepentingan pribadi, displin itu tidak perlu diterapkan. Bisa Anda cek sendiri bagaimana Anda merencanakan dan mengelola keuangan Anda setiap bulannya.

Ada juga orang yang membelanjakan uang tanpa perencanaan, keinginan yang spontanitas langsung diimplementasikan. Tidak heran jika masih di awal bulan penghasilan sudah terkuras. Anda perlu dengan cermat memperhatikan anggaran belanja setiap bulan. Bila ada indikasi bahwa Anda sering mengeluarkan uang tanpa perencanaan, ambilah langkah yang tegas. Hanya displin pribadi yang dapat menghentikan kebiasaan yang tidak sehat ini.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement