Selasa 10 May 2016 06:23 WIB

Setop Menggaruk! Ini 5 Cara Atasi Gatal Gigitan Nyamuk

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Kulit pisang
Foto: flickr
Kulit pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Nyamuk merupakan serangga kecil yang menjengkelkan. Gigitannya menimbulkan alergi dan membuat rasa gatal pada kulit.

Rasa gatal inilah yang memicu orang untuk tidak tahan menggaruknya. Padahal efek garukan justru menimbulkan reaksi bengkak dan bekas merah pada kulit.

Dilansir dari Familyshare, gigitan nyamuk yang menjengkelkan itu dianjurkan untuk tidak digaruk. Berikut ini beberapa cara mengatasi gigitan nyamuk.

Pertama gosok di bekas gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit pisang. Pasalnya gula dalam kulit pisang dapat membantu menarik keluar cairan dan meredakan rasa gatal.

Kedua, oleskan peppermint dari pasta gigi. Dengan mengoleskan pasta gigi maka Anda akan merasakan sensasi dingin pada kulit Anda yang gatal akibat gigitan nyamuk.

Ketiga, perasan lemon. Perasan lemon dianggap sebagai antibakteri yang sempurna penggunaannya dengan cara air perasan lemon dioleskan pada bagian kulit yang gatal.

Keempat, baking soda dan air. Natrium karbonat menetralkan rasa gatal dengan pH pada kulit Anda yang iritasi.

Kelima, tutup gigitan dengan pita. Menghentikan rasa gatal bisa dilakukan dengan menempelkan pita atau selotip pada bagian yang benjol atau gatal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement