Senin 09 May 2016 07:12 WIB

Wales Inggris Buka Gym Ramah Muslimah Pertama

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Berolahraga di gym khusus Muslimah
Foto: Republika/Prayogi
Berolahraga di gym khusus Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam waktu dekat, Wales yang merupakan negara dari Britania Raya akan segera memiliki satu pusat olahraga atau gym baru. Berbeda dengan gym pada umumnya, gym ini didesain ramah terhadap kebutuhan Muslimah.

Gym bernama Haya Fitness ini akan beroperasi khusus untuk wanita. Meski didesain ramah Muslimah, wanita-wanita non-Muslim pun akan disambut hangat kehadirannya di pusat olahraga ini.

Haya Fitness pun dilengkapi dengan berbagai peralatan olahraga yang lengkap. Beberapa di antaranya ialah treadmill hingga cross trainer. Haya Fitness juga akan membuka kelas-kelas khusus dalam olahraga yang bisa diikuti para wanita. Yang lebih menguntungkan bagi para Muslimah, gym ini juga dilengkapi dengan mushala yang memudahkan untuk menjalankan shalat lima waktu.

Adanya gym ramah Muslimah ini diharapkan dapat memudahkan pada Muslimah untuk berolahraga. Dengan memasuki Haya Fitness ini, para Muslimah tidak perlu khawatir untuk menanggalkan sementara hijab hingga burka mereka selama berolahraga. Sehingga, kegiatan berolahraga diharapkan dapat terasa lebih santai dan lebih menarik minat Muslimah.

Pasalnya, sejauh ini angka Muslimah yang melakukan olahraga secara rutin cukup rendah. Menurut data statistik dari Sport England, hanya 18 persen Muslimah saja yang secara rutin berolahraga. Padahal total wanita yang rutin berolahraga mencapai angka 30 persen.

"Kami ingin mendorong mereka (Muslimah) untuk bergerak aktif," ungkap salah satu pekerja Mohammed Alamgir seperti dikutip Huffington Post.

Alamgir mengungkapkan bahwa Haya Fitness merupakan gym pertama yang didedikasikan pada kebutuhan komunitas Muslim. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Haya Fitness hadir dari kebutuhan komunitas Muslim di Britania Raya. Rencananya, Haya Fitness akan mulai beroperasi pada musim panas mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement