Sabtu 07 May 2016 14:05 WIB

Teknik Ambil Foto Terbaik dengan iPhone (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
iPhone
Foto: Flickr/Brian Wilkins
iPhone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak wisatawan yang melakukan perjalanan meninggalkan kamera DLSR besarnya di rumah. Mereka lebih memilih membawa ponsel, tablet, atau iPhone.

Wisatawan memilih gadget portabel karena lebih praktis dan bisa melakukan banyak hal lewat satu alat saja. Mereka bisa menelepon, memperbaharui status di media sosial, mengambil foto obyek, juga selfie.

Jika Anda memiliki ponsel bagus, seperti iPhone dan ingin menggunakannya untuk memotret atau mengambil video perjalanan, pastikan Anda tahu bagaimana menggunakannya untuk mengambil gambar terbaik.

Will Allen adalah seorang fotografer sekaligus produser film di Montreal yang melakukan sebagian besar syuting film denganiPhone saja.

"Dengan perkembangan teknologi, lensa kecil pada ponsel iPhone bisa melakukan segalanya," kata Allen, dilansir dari Yahoo, belum lama ini.

iPhone sebenarnya memiliki sejumlah fitur yang mungkin belum Anda ketahui. Will berbagi tips untuk mengambil gambar atau video terbaik dengan iPhone.

T: Fitur apa di kamera iPhone yang belum banyak diketahui pengguna?

J: Salah satu fungsi paling menonjol adalah slo-mo yang baru. Ini benar-benar luar biasa untuk mendapatkan kualitas video slow motion tanpa perlu kamera khusus. Fungsi panoramanya menakjubkan dan gambar lansekapnya sempurna. Slo-mo juga mengedit sempurna gambar-gambar tweaker dari dekat.

T: Bagaimana menangkap cahaya terbaik lewat ponsel?

J: Seperti halnya fotografi konvensional, fotografi ponsel juga bergantung ketersediaan cahaya. Saya menemukan cahaya terbaik saat mengambil gambar sempurna ketika sinar matahari di depan menyala terang, dan ketika matahari tepat berada di posisi teratas. iPhone benar-benar hebat memanfaatkan cahaya yang tersedia, bahkan jika cahaya yang ada sedikit asalkan Anda fokus pada satu titik cahaya yang sedikit itu.

T: Bagaimana Anda bisa menangkap sudut sempurna menggunakan kamera ponsel?

J: Seberapa mahal pun kamera Anda, pada akhirnya sebuah ponsel di saku jauh lebih mudah dan murah untuk mengambil foto dan video.

Apapun itu, temukan sudut (angle) sempurna dengan berbagai cara. Jangan takut untuk sedikit kotor, membungkuk untuk mendapat gambar gunung, laut, atau bangunan tinggi terbaik. Cobalah berbagai fungsi berbeda. Dengan video, Anda bisa mendapatkan suara-suara halus yang sering tak terdengar saat di lapangan, tapi ada saat Anda mencoba mendengarkannya kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement