Selasa 03 May 2016 20:32 WIB

Keyboard Pertama dengan Irama Khas 34 Provinsi Indonesia

Rekor Muri untuk
Foto: Korg Indonesia
Rekor Muri untuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum rekor Indonesia (Muri) belum lama ini mencatatkan kehadiran keyboard pertama yang mengusung irama khas mewakili seluruh 34 provinsi di Indonesia. Keyboard ini dilengkapi dengan fitur irama instrumen musik tradisional di Tanah Air seperti karinding, sasando rote, gamelan, dan suling tradisional.

Keyboard tersebut adalah Korg PA4X Indonesian Version. Dalam acara bertemakan 'Melestarikan Tradisi dengan Cara yang Tidak Tradisional', Muri mencatat prestasi ini sebagai rekor dunia atas rekor Keyboard Pertama dengan Irama dari 34 Provinsi di Indonesia. Penyerahan piagam dilakukan di Galeri Indonesia Kaya pada 20 April 2016.

"Distributor KORG di Indonesia memiliki misi untuk menjadikan alat musik keyboard ini sebagai salah satu alat pemersatu bangsa dan tanah air Indonesia, alat perkenalan musik tradisional dan musik khas Indonesia, alat  hiburan dan edukasi di tengah komunitas (keluarga, pendidikan, pemerintah), dan sebagai sarana ekspresi diri dan ekonomi bagi musisi," kata distributor resmi Korg di Indonesia dalam keterangan pers diterima Republika.co.id, Selasa (3/5).

Distributor Korg menyatakan untuk produk PA4X Indonesian Version pihaknya menggandeng Wiwie GV selaku KORG Ambassador di Indonesia didampingi oleh Dwiki Dharmawan (Band Krakatau) selaku konsultan proyek.

Keyboard ini disebut hasil dari 14 tahun penelitian serta pengumpulan data dan perekaman berbagai jenis suara alat musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement