Kamis 21 Apr 2016 09:00 WIB

Mau Produktif Menulis? Ini Dia Tipsnya

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Menulis bisa membantu menuangkan ide dan mengasah kreativitas.
Foto: pixabay
Menulis bisa membantu menuangkan ide dan mengasah kreativitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buku karya penata gaya Ade Aprilia tak pernah jauh-jauh dari fashion, interior, dan kecantikan. Ia juga dikenal produktif karena telah menulis hingga 80 judul buku. Apa sih tipsnya?

"Begitu dapat ide, langsung action dan wujudkan," ujar perempuan 39 tahun tersebut kepada Republika.co.id, Rabu (20/4).

Founder Every Day Make-up Studio yang biasa dipanggil Lia itu sangat tidak menganjurkan untuk menunda sesuatu. Sebab, tak jarang ide yang hinggap di kepala seseorang malah 'kecolongan' dan dilakukan oleh orang lain.

Pasalnya, Lia yang pernah bekerja sebagai redaktur mode dan kecantikan di salah satu majalah itu percaya bahwa setiap hari ribuan ide selalu turun dari langit. Sifatnya tidak khusus dan disampaikan Tuhan kepada manusia yang mau menerima dan membuka hati.

Kesigapan untuk segera merealisasikan ide itu membuat Lia menjadi penulis gaya hidup yang leading. Indikatornya, buku-buku Lia selalu best-seller. Ia juga menjadi penulis yang pertama kali melengkapi buku fashion dengan CD tutorial.

Sebagai penulis, proses kreatif Lia juga diakui fluktuatif. Ia pernah menyusun buku fashion hanya dalam waktu dua bulan. Tapi ada buku lain ia kerjakan cukup lama hingga dua tahun.

"Semua memang ada proses yang harus dijalani, terpenting selalu membuka hati terhadap petunjuk," ucap penulis buku Jeaninous dan Every Day Make-up itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement