Selasa 19 Apr 2016 10:50 WIB

Gadis Cantik Ini Lahir tanpa Vagina dan Rahim, Simak Kisahnya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Joanna Giannouli
Foto: BBC
Joanna Giannouli

REPUBLIKA.CO.ID, Joanna Giannouli (27) lahir dengan kondisi yang berbeda dari kebanyakan anak perempuan lainnya. Joanna lahir tanpa memiliki rahim, leher rahim dan vagina bagian atas. Ini adalah sindrom Rokitansky yang hanya terjadi pada satu dari 5.000 perempuan dan benar-benar memengaruhi hidup Joanna.

Mulanya, ibu Joanna merasa khawatir karena Joanna yang sudah menginjak usia 14 tahun tidak juga mengalami menstruasi. Ibunya pun kemudian membawa Joanna untuk diperiksa oleh dokter. Akan tetapi, tidak banyak yang diketahui saat itu karena dokter laki-laki yang memeriksa Joanna tidak mau memeriksa bagian pribadi Joanna.

Seiring berjalannya waktu, Joanna yang sudah berusia 16 tahun kembali dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan. Dari situ, pihak rumah sakit menyadari bahwa Joanna tidak memiliki saluran atau terowongan vagina dan menderita sindrom Rokitansky.

Oleh karena itu, para dokter menyarankan Joanna untuk menjalani operasi pembuatan saluran agar alat kelamin Joanna bisa berfungsi. Proses ini tidak serta-merta berhasil karena Joanna perlu menjalani beberapa prosedur agar kondisi Joanna kembali normal. 

Prosedur yang dijalani Joanna ini tergolong sebagai sebuah prosedur operasi revolusioner di tempat tinggalnya, Athena. "Setelah itu, secara fisik saya baik-baik saja, tetapi tidak secara emosional," terang Joanna, dilansir BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement