Rabu 13 Apr 2016 11:30 WIB

Belanda Punya Gedung Kantor Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Rep: C34/ Red: Nur Aini
Kantor paling ramah lingkungan di dunia terdapat di Belanda
Foto: twitter
Kantor paling ramah lingkungan di dunia terdapat di Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Belanda dikenal karena menghadirkan sejumlah teknologi berkelanjutan yang ramah lingkungan. Setelah menjadi pelopor jalan khusus untuk sepeda bertenaga surya, sekarang negeri kincir angin ini mengklaim memiliki gedung kantor paling ramah lingkungan di dunia.

Terletak di kota Haelen, bangunan itu mendapat penilaian hampir sempurna yakni 99,94 persen bila dinilai dengan skema sertifikasi Metodologi Penilaian dan Penelitian Pendirian Gedung atau BREEAM. Metode itu termasuk mengevaluasi tingkat pengurangan emisi karbon, adaptasi perubahan iklim, dan sejumlah nilai ekologis.

Dari luar, gedung ini memang terlihat biasa-biasa saja. Namun, sebenarnya sangat luar biasa dengan kendali infiltrasi sinar matahari, kualitas udara, dan pencahayaan dalam ruangan yang diatur untuk memaksimalkan kesehatan karyawan.

Struktur gedung dibangun dari kayu, bahan konstruksi dengan dampak CO2 terendah, dengan tambahan interior dinding tanaman hidup. Seluruh pemanas, lampu, komputer, hingga AC menggunakan tenaga surya, dan bangunan ini menghasilkan 50 persen energi lebih dari yang digunakannya dan menyalurkan sisanya ke pabrik perusahaan.

Gedung tersebut ditempati oleh 50 karyawan dari perusahaan Geelen Counterflow yang memproduksi pengering dan pendingin. Efisiensi lingkungan menjadi bagian utama dari misi bisnis perusahaan.

"Kantor ini adalah salah satu langkah kami untuk secara bertahap berhenti mengeksploitasi bahan bakar fosil dan mengembangkan generasi pengering yang menggunakan energi terbarukan," ungkap Direktur Geelen Counterflow, Sander Geelen, kepada Engineering and Technology Magazine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement