Selasa 12 Apr 2016 09:01 WIB

5 Tips Siasati Berkurangnya Nilai Uang Anda

Uang yang dipegang pasti akan mengalami depresiasi, simak kiatnya agar Anda tidak berimbas dalam.
Foto:
Merencanakan keuangan

Belilah Aset yang Memiliki Harga Jual Tinggi

Jangan biarkan dana Anda hanya tersimpan di tabungan. Jika Anda memiliki cukup dana, ubahlah dana cair Anda menjadi aset yang memiliki harga jual cukup tinggi. Misalkan rumah dan tanah. Dua properti ini menjadi aset yang perlu Anda pertimbangkan untuk dimiliki karena nilainya yang berpotensi menjadi cukup tinggi di masa mendatang.

Misalkan, Anda memiliki dana cair Rp 100 juta dan Anda jadikan aset dalam bentuk tanah. Sekitar 10 tahun kemudian, nilai tanah tersebut naik menjadi Rp 1 miliar. Bukan hal yang mustahil sebab kebutuhan manusia terhadap tanah untuk berbagai keperluan juga semakin tinggi.

Asuransi

Proteksi diri Anda juga bisa menjadi cara untuk melipatgandakan dana Anda. Dengan memiliki asuransi, Anda memberikan proteksi diri Anda dengan dipaksa menabung dan hasilnya akan terlihat dalam jangka waktu panjang.

Ketika suatu saat terjadi hal yang berhubungan dengan Anda dan biaya yang harus Anda keluarkan ternyata jauh lebih besar daripada tabungan kesehatan konvensional yang biasa disiapkan orang, biaya tersebut sudah ditanggung oleh pihak asuransi yang selama ini memaksa Anda menyetorkan sejumlah dana. Tanpa Anda sadari, akumulasi dana yang Anda setorkan sudah ‘dilipatgandakan’ asuransi sebagai bentuk tanggung jawab mereka atas kepercayaan Anda menggunakan produk asuransi tersebut.

Lakukan Sedini Mungkin

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk mulai membiasakan diri dalam menabung dan berinvestasi kecuali sekarang dan sedini mungkin. Semakin lama Anda memulai, semakin lama Anda menikmati hasilnya. Selain itu semakin besar biaya yang harus Anda simpan sebab nilai uang semakin turun dan bisa jadi tidak sebanding dengan pendapatan Anda.

Ternyata cukup mudah bukan tips yang harus Anda lakukan demi melipat-gandakan nilai uang Anda? Tanpa harus bersusah-susah menekan pengeluaran, strategi ini akan lebih cepat membantu Anda mendapatkan tabungan yang nilainya berlipat dibandingkan dengan cara-cara konvensional yang selama ini Anda lakukan. Cerdas dalam menetapkan strategi, nikmati hasilnya di akhir nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement