Senin 11 Apr 2016 18:54 WIB

Kisah di Balik Lagu 'Aku Ingin Pulang' Lobow

Rep: Adysha CR/ Red: Yudha Manggala P Putra
Lobow saat tampil di kantor Republika.co.id, Senin (11/4).
Lobow saat tampil di kantor Republika.co.id, Senin (11/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 4 Maret lalu, penyanyi Lobow merilis single terbarunya 'Aku Ingin Pulang'. Di balik alunan syahdu dan liriknya yang dalam, lagu ini memiliki kisahnya sendiri.

Ide 'Aku Ingin Pulang' lahir ketika pria bernama lengkap Lobow Ilyas ini sedang memerhatikan lingkungan di sekelilingnya pada suatu malam. Pada saat itu, Lobow melihat beberapa orang dengan aktivitas masing masing. Di antaranya bahkan ada yang terlihat seperti kebingungan.

Namun di balik hiruk-pikuk itu, Lobow meyakini bahwa pada dasarnya tiap orang tersebut memiliki tujuan. Tempat di mana orang tersebut merasa nyaman, yakni pulang.

'Pulang' bagi Lobow bukan sebuah proses sederhana di mana seseorang kembali ke tempat tinggalnya. Lebih dari itu, kata itu memiliki makna lebih luas. Ia adalah satu proses pencarian panjang untuk menemukan tempat yang membuat seseorang merasa nyaman.

"Pulang itu bisa ke rumah, atau ke sisi pasangan," terang pencipta hit 'Salah' dan 'Kau Cantik Hari Ini' saat berbincang di kantor Republika.co.id, Senin (11/4).

Single ini menurutnya juga bisa diintrepetasikan dari sudut pandang religi. Dimana setiap manusia, di balik semua masalahnya,  pada akhirnya akan pulang kepada-Nya. "Kalau kita mau kulik, lagu 'Aku Ingin Pulang' ini religinya juga kuat," tambah Lobow.

Untuk menghadirkan lagu dengan lirik yang dalam ini menjadi sebuah alunan yang memanjakan telinga, Lobow melakukan setidaknya empat kali aransemen. Saat menemui kebuntuan, Lobow meminta bantuan musisi Bongky Marcel (BIP) untuk mengaransemen lagu ini.

Akhirnya, Lobow berhasil menghadirkan Aku Ingin Pulang yang terasa menyisakan kesan mendalam usai didengarkan dengan alunan musik akustik. "Proses dengan Bongky dua bulanan. Lamanya karena waktu, Bongky juga sibuk," cerita Lobow.

(Baca: Rilis Singel Baru, Lobow Siap Gelitik Telinga Penggemarnya)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement