Senin 28 Mar 2016 07:35 WIB

Butuh Berutang Lewat KTA? Ini Syaratnya Agar Tembus

Nasabah melintasi banner iklan penawaran kredit tanpa agunan (KTA) yang ditawarkan di salah satu kantor cabang Bank Mandiri, Jakarta.
Foto: dok Republika
Nasabah melintasi banner iklan penawaran kredit tanpa agunan (KTA) yang ditawarkan di salah satu kantor cabang Bank Mandiri, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Kebutuhan di zaman sekarang ini seringkali serba mendesak. Dana untuk pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lain kadang harus dikeluarkan dalam waktu yang dekat. Apalagi jika kebutuhan itu datang di tengah-tengah bulan saat keuangan dalam keadaan kembang kempis. Ini tentu akan menjadi beban yang cukup berat untuk keuangan Anda.

Salah satu jalan keluar yang dipilih adalah dengan cara mengajukan kredit kepada bank. Tapi, kebingungan akan kembali melanda ketika Anda tidak memiliki jaminan yang dapat digunakan sebagai persyaratan pengajuan kredit kepada bank. Lalu, harus bagaimana? Apa yang harus dilakukan?

Tenang saja. Ada satu produk yang juga dimiliki bank dan diperuntukkan bagi Anda yang membutuhkan dana cepat meskipun tidak memiliki jaminan aset. Nama produk itu adalah KTA, yang juga dikenal sebagai kredit tanpa agunan. Sesuai namanya, tidak dibutuhkan jaminan untuk pengajuan kredit ini kepada bank.

Persyaratannya pun terhitung mudah dan tidak terlalu rumit. Anda bisa memenuhinya sebagai syarat pengajuan kredit kepada bank. Namun, masalah kerap muncul karena orang-orang juga tidak terlalu memahami persyaratan dari kredit tanpa agunan ini. Alhasil pengajuan kredit ke bank pun gagal karena syarat yang tak terpenuhi.

Oleh karena itu, di sini ada beberapa persyaratan dasar yang biasanya menjadi syarat umum pengajuan KTA kepada bank. Syarat-syarat itu adalah.

Warga Negara Indonesia

Umumnya, kredit tanpa agunan memang diperuntukkan hanya bagi orang Indonesia. Tapi, untuk warga asing yang juga ingin mengajukan kredit tanpa agunan, ada syarat tambahan lain yang harus dipenuhi. Hanya saja, akan lebih mudah untuk diproses jika Anda adalah orang Indonesia dan juga tinggal di Indonesia.

Batas Usia

Produk kredit tanpa agunan ini memiliki batas usia. Usia minimal pengajuan adalah 21 tahun, dan maksimal adalah 55 tahun. Jika Anda berada di rentang usia itu Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan ke bank. Jika lebih, biasanya bank akan menolak. Di samping itu, perhatikan rentang umur Anda. Pada usia 55 tahun, KTA Anda diwajibkan untuk lunas cicilannya. Jika Anda mengajukan KTA pada usia 50-54 tahun, coba pikirkan lagi matang-matang.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement