Ahad 27 Mar 2016 16:14 WIB

Thomas Si Kereta Kini Akan Tampil dari Berbagai Etnis

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Thomas bersama karakter baru dari India yaitu Ashima.
Foto: dok Mattel
Thomas bersama karakter baru dari India yaitu Ashima.

REPUBLIKA.CO.ID, Thomas & Friends akhirnya akan tampil lebih beragam. Dengan laba lebih dari satu miliar dolar Amerika pada penjualan ritel tahunan, Thomas the Tank Engine dan sahabat lokomotifnya merupakan mainan untuk anak pra sekolah dan waralaba televisi terbesar didunia. Dibuat tahun 1946 oleh pendeta Inggris, Thomas menarik hati generasi anak laki-laki dan perempuan, terutama laki-laki yang mengajarkan pelajaran kehidupan dengan baik di pulau fiksi Sodor.

Tapi properti Thomas membuat beberapa orang tua marah. Tahun 2014, misalnya, sebuah esai menyerang seri Thomas & Friends yang minim perbedaan, menyebar luas secara daring setelah publikasi di The Guardian. Karakter Thomas dipandang belum mengedepankan warna kulit selain kaukasia.

Mattel dibeli Hit Entertainment pemilik Thomas & Friends sekitar 680 juta dolar Amerika tahun 2012. Pada situs resminya tercatat ada kurang lebih 100 karakter di cerita Thomas. Dan, hampir semuanya merupakan pria serta berkulit putih.

Di waktu yang sama, Mattel ingin sekali mengkapitalisasi investasi dengan menemukan cara membuat  waralabanya lebih terkenal pada pasar yang berkembang cepat di seluruh dunia. Caranya adalah dengan memberikan Thomas 14 teman baru yang datang dari negara lain. Diantaranya India, Brasil, Cina dan Mexico. Empat diantaranya adalah kereta perempuan.

Karakter baru akan diperkenalkan dalam sebuah film DVD The Great Race. Film ini dijadwalkan untuk peluncuran global pada Agustus. Di beberapa negara asing termasuk Inggris, film akan diluncurkan secara teaterikal mulai bulan Mei.

Ini dia beberapa teman baru Thomas. Dimulai dari Raul of Brazil. Vincent D’Alleva, pengawas Thomas & Friends untuk Mattel, mengatakan pada wawancara melalui telepon bahwa film The Great Race dibuat musim panas ini Olimpiade Rio de Janeiro.

Kompetitor dari negara berbeda datang bersama sebagai salah satu cara untuk membuat Thomas lebih berbudaya. “Cerita ini adalah cara membantunya mengerti bahwa ada dunia luas di luar sana,” ujar D’Alleva seperti dilansir dari laman Malay Mail Online, Ahad (27/3).

Lalu ada Yong Bao dari Cina. Kebanyakan lokomotif yang ada memiliki nama dasar seperti Edward, Emily, Sam, atau terdengar Inggris seperti Fergus, Duncan, Bertie.

Cina menjadi pasar waralaba yang tumbuh secara krusial. “Tiga tahun lalu, kami belum ada di Cina. Sekarang ini merupakan negara kedua terbesar kami, di samping Amerika Serikat dan Inggris di posisi ketiga.

Berikutnya Ashima dari India. “Dia adalah karakter pertama dari Thomas yang memiliki mesin tercepat," katanya. Lewat karakter ini anak-anak akan belajar bagaimana Thomas berteman dengan mesin yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement