Jumat 25 Mar 2016 15:17 WIB

Kiat Jitu Mengelola Stres

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Perempuan sedang stres
Foto: flickr
Perempuan sedang stres

REPUBLIKA.CO.ID, Stres adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan sehari-hari. Kondisi itu tak bisa sepenuhnya dihilangkan, tetapi dapat dikelola.

Senjata terbesar mengatasi stres adalah dengan selalu bersikap positif. Agar tak berdampak buruk bagi tubuh, simak kiat jitu mengelola stres berikut ini.

Membantu orang lain

Terdengar sepele, tapi melakukan hal kecil untuk orang lain seperti membukakan pintu, menekan tombol lift, atau membawakan kopi bisa membantu mengurangi stres.

Aktif bergerak

Latihan fisik memainkan peran kunci dalam meredam efek stres. Anda bisa memulai dengan menggunakan tangga dan lebih banyak berjalan setiap hari.

Tersenyum dan bergaul

Selalu tersenyum dapat mengurangi respon fisik dan mental tubuh Anda terhadap stres. Bersosialisasi dengan menjadwalkan waktu tertentu untuk bertemu dengan teman-teman juga akan membantu.

Berterima kasih

Mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain secara langsung maupun dalam catatan membuat Anda bermental kuat. Hal ini juga mengurangi rasa frustrasi dan mudah tersinggung.

Mendekat pada alam

Berjalan-jalan di taman adalah penangkal yang sangat baik untuk stres. Hal ini juga memberikan efek menenangkan pada tubuh dan pikiran.

Memotivasi diri

Studi menunjukkan, mengatakan hal positif kepada diri sendiri bisa meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi efek stres. Contoh sederhana, Anda bisa meyakinkan diri bahwa Anda bisa melakukan sesuatu atau belajar dari kejadian tertentu.

Camilan sehat

Siapkan semangkuk buah atau camilan ringan di atas meja. Buat pilihan yang sehat dengan menghindari junk food agar Anda sehat secara fisik dan mental.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement