Selasa 22 Mar 2016 14:55 WIB

4 Kesalahan Finansial yang Harus Dihindari

Mengelola keuangan
Foto: pixabay
Mengelola keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi sebagian besar anak muda, hidup santai dan tidak dipenuhi dengan berbagai macam aturan seringkali menjadi hal terpenting dan diprioritaskan dalam kehidupan sehari-hari. Maka bisa dibayangkan, bagaimana kedua hal tersebut pada akhirnya menjadi sebuah kebiasaan buruk yang terbawa ke dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam masalah keuangan.

Gaya hidup santai di dalam masalah keuangan seringkali membuat anak muda menjadi kehilangan banyak uang dengan percuma karena tidak memiliki sebuah perencanaan keuangan yang mumpuni.

Pada kenyataannya, meski masih muda dan lajang, sepatutnya kita memiliki sebuah rencana keuangan yang baik dan bisa diandalkan untuk membantu keamanan keuangan di masa depan. Coba hindari kesalahan-kesalahan finansial yang sering terjadi seperti di bawah ini.

Melakukan Pengeluaran yang Tidak Penting

Sebagaimana kita tahu, anak muda selalu identik dengan masalah pengeluaran yang tidak terkontrol dan “semena-mena” tanpa perhitungan. Pada dasarnya hal ini akan sangat tergantung pada hobi dan kebiasaan yang kita miliki, di mana kita sering sekali bepergian ke tempat belanja, baik itu berupa toko yang sebenarnya di mal ataupun toko online yang menjamur di internet.

Hal ini sering sekali memicu kita “lapar mata” dan memiliki semangat berlebihan untuk segera berbelanja, maka bisa dipastikan kita akan kalap dan membeli berbagai macam barang tanpa perhitungan apakah barang tersebut benar-benar kita butuhkan. Bayangkan bila hal ini terjadi berulang kali dalam sebulan, bisa dipastikan saldo tabungan kita selalu berada pada titik terendah alias nol.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement