Senin 07 Mar 2016 12:13 WIB

Boeing Kembangkan Toilet Pesawat yang Bisa Membersihkan Sendiri

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Pesawat Boeing
Foto: wikipedia
Pesawat Boeing

REPUBLIKA.CO.ID, Perusahaan pembuat pesawat terbang Boeing tengah mengembangkan sistem toilet self-cleaning alias membersihkan sendiri yang bisa digunakan dalam penerbangan. Upaya Boeing tersebut bertujuan meningkatkan sanitasi dan melawan bau yang tidak menyenangkan dalam pesawat.

Sistem tersebut bisa membersihkan kamar mandi hanya dalam tiga detik setelah digunakan dengan menembakkan sinar ultraviolet di permukaan ruangan. Hal itu diklaim mampu membunuh kuman nyaris 100 persen.

Kursi toilet didesain mampu terbuka dan tertutup secara otomatis. Selot pintu dan keran air juga menggunakan teknologi hands-free guna meminimalisasi sentuhan yang bisa memperbanyak bakteri dalam toilet.

"Kami mencoba mengurangi kekhawatiran ketika kita menggunakan toilet selama penerbangan," ujar Direktur Lingkungan Boeing Jeanne Yu seperti dikutip Malay Mail Online.

Yu mengaku, dalam prototipe toilet tersebut pihaknya memposisikan sinar UV agar bisa mengenai seluruh permukaan mulai dari kursi toilet, wastafel, dan meja. Ia mengatakan, hasil percobaan itu terbukti bisa mengurangi bau yang muncul usai penggunaan toilet.

Boeing masih akan terus mengkaji sistem tersebut sebelum diterapkan dalam penerbangan komersial.

(baca: Airbus Desain Bangku Pesawat Khusus Obesitas)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement