Kamis 25 Feb 2016 06:18 WIB

Waspadai, 3 Efek Samping Mewarnai Rambut

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Rambut yang diwarnai
Foto: youtube
Rambut yang diwarnai

REPUBLIKA.CO.ID, Mewarnai rambut menjadi hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Dengan mewarnai rambut, Anda bisa mencoba tampil beda. Selain itu, mewarnai rambut menjadi andalan bagi orang-orang yang mulai mengalami masalah rambut beruban.

Namun, mewarnai rambut dengan produk-produk kimia seperti di salon dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan mahkota tersebut. Belum lagi, resiko kesehatan yang juga mungkin timbul dalam jangka panjang. Selain itu, diilansir Boldsky, inilah efek samping yang bisa Anda rasakan akibat penggunaan cat rambut, khususnya produk yang berkualitas rendah.

Rambut kusam

Jika Anda terlalu sering mewarnai rambut, maka bukan tidak mungkin rambut pada akhrnya justru terlihat kusam. Bahkan, kandungan zat pemutih yang ada di dalam produk tersebut juga bisa memberi efek rambut menjadi berwarna cokelat atau kekuningan yang tampak tak sehat dalam jangka panjang.

Rambut kering

Rambut kering dan sulit diatur adalah tanda rambut yang tidak sehat. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan produk pewarna rambut yang kaya dengan bahan kimia seperti amonia. Karena itu, banyak penata rambut yang menyarankan Anda untuk melakukan pewarnaan hanya sesekali dan beri jeda yang cukup saat akan melakukan pengulangan.

Jerawat

Penggunaan produk pewarna rambut juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Kandungan resorsinol dalam produk ini bisa mempengaruhi fungsi sistem endokrin, yang mengakibatkan ketidakseimbangan hormonal sehingga bintik merah di kulit yang mengganggu itu muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement