Senin 22 Feb 2016 10:32 WIB

Kulit Berpori-pori Besar? Ini Cara Atasinya

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Perawatan kulit berguna untuk memperbaiki kulit yang berubah akibat bertambahnya usia.
Foto: EPA
Perawatan kulit berguna untuk memperbaiki kulit yang berubah akibat bertambahnya usia.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak perempuan Indonesia belum menyadari bahwa pori-pori besar merupakan akar masalah kulit yang menghambat mereka memiliki kulit mulus cerah merona.

Iklim tropis di Indonesia membuat produksi kelenjar minyak cenderung meningkat. Oleh karena itu, pori-pori wajah perempuan Indonesia cenderung lebih besar. Kulit putih cerah merona pada wajah pun menjadi kurang merata dan bersinar.

Selain iklim, faktor aging protect juga menjadi salah satupemicu pori-pori menjadi besar. Aging protect disebabkan oleh sinar UV matahari yang akan meningkatkan radikal bebas.

Menurut dr. Gloria Novelita SpKK, demartologist Rumah sakit nasional Cipto Mangunkusumo, pori besar harus diatasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan hasil perawatan kulit yang maksimal.

“Pori-pori besar memang masalah kulit yang tidak bisa disepelekan karena merupakan akar masalah kulit wajah yang lain. Pori besar harus diatasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan hasil perawatan kulit yang maksimal” Katanya, saat ditemui dalam konferensi pers Garnier Sakura White Serum Cream di Hotel Ritz Carlton Jakarta, beberapa waktu lalu.

Gloria mengatakan deskripsi kulit yang cantik adalah halus, cerah dan bersinar.

“Halus ini maksudnya pori kulit wajah kecil, tekturnya rata dan kenyal dan bersinar itu kulit yang lembab namun tidak kering dan tidak berminyak.”

Ia juga mengatakan cara mengatasi kulit berpori besar bisa dimulai dari pemilihan produk pembersih yang sesuai dengan kulit, dilanjut dengan pemilihan perawatan kulit yang bisa mengecilkan pori.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih produk perawatan, pertama formulasi harus ringan karena lebih cepat diserap, yang kedua juga harus mengandung zat aktif yang dapat mengecilkan pori dan yang mengandung zat antioksidan, yang terakhir sebaiknya juga mengandung tabir surya.”

(baca: Cuci Muka Tiga Kali Jadi Ritual Kecantikan Pevita)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement