Ahad 21 Feb 2016 16:52 WIB

Orang Tua Perlu Deteksi Kanker Anak Sejak Dini

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah
Indra Bekti
Foto: Fira Nursya’bani/Republika
Indra Bekti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai duta Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), presenter Indra Bekti mengingatkan pentingnya para orang tua untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya sel kanker pada anak-anak mereka. Pemeriksaan kesehatan berkala sangat perlu dilakukan agar kanker pada anak bisa segera dapat diatasi.

"Untuk kanker terhadap anak sebenarnya bisa disembuhkan, 80 persen 90 persen. Makanya harus dideteksi dini," ujar Bekti, saat ditemui dalam acara Go Gold Festival Berani Gundul, di Plaza Semanggi, Jakarta, Ahad (15/2).

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan bisa juga dilakukan oleh mereka yang akan menikah. Seperti pemeriksaan sperma dan indung telur. Sebab, Indra melanjutkan, anak sehat berawal dari orang tua yang sehat juga.

Bekti mengaku, selama menjadi duta kanker anak, ia banyak bertemu dengan anak-anak penderita kanker dan mendengar sekelumit kisah hidup mereka. Bagi dia, cerita-cerita anak-anak tersebut selalu menyentuh, terutama cerita mengenai optimisme mereka untuk sembuh.

"Mereka nggak kayak sakit, tapi mereka harus kemoterapi, harus gundul. Mereka semangat, itu yang menyentuh. Mereka tidak kelihatan sedih," tutur Bekti.

Ia juga berpesan agar anak-anak penderita kanker di seluruh Indonesia agar terus bersemangat dan bergembira. Dalam menyambut Hari Kanker Anak Internasional yang jatuh pada Senin (15/2) lalu, Bekti juga menunjukkan kesungguhannya membantu anak-anak pendeita kanker dengan melakukan penggalangan dana untuk YKAKI.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement