Senin 01 Feb 2016 06:30 WIB

Mau Percaya Diri? Coba Cara-Cara Ini

Rep: c34/ Red: Andi Nur Aminah
Kepercayaan diri sanggup menyinari diri hingga membuat perempuan lebih cantik.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kepercayaan diri sanggup menyinari diri hingga membuat perempuan lebih cantik.

REPUBLIKA.CO.ID, Sudahkah Anda merasa percaya diri alias pe-de? Apakah Anda sudah bangga dengan misalnya warna kulit, penampilan, dan kemampuan, atau masih minder dengan semua itu?

Dalam buku Real Confidence: Stop feeling small and start being brave, para psikolog membeberkan segala hal tentang rasa pe-de. Anda bisa menggali banyak kualitas pribadi dan menumbuhkan rasa percaya diri, seperti sejumlah tips yang akan diulas Female First berikut

 

Analisis diri Anda

Siapa saja bisa terjatuh pada zona 'aku tidak bisa apa-apa, aku tidak bisa melakukan ini'. Jangan menyerah. Jika itu terjadi, berhentilah sejenak dan pikirkan apa masalah Anda dan apa yang Anda butuhkan untuk mengatasinya.

 

Tetap belajar

Alih-alih memikirkan kurangnya kepercayaan diri dan minimnya keterampilan, ambillah kursus dalam sesuatu yang menarik minat Anda. Kombinasi mengejar //passion// dan menjaga otak tetap aktif akan memberi Anda energi sehingga lebih bahagia dan percaya diri.

 

Menumbuhkan keinginan kuat

Pikirkan tujuan-tujuan Anda dalam hidup dan apa yang bisa terjadi ketika Anda mendapatkannya. Fokus pada motivasi akan memberikan tekad untuk eksekusi daripada fokus pada rasa tidak percaya diri bahwa Anda kurang bisa melakukannya.

 

Bicara tentang pengalaman positif

Apakah Anda kerap berbicara tentang bagaimana kacaunya Anda atau apa saja yang tak bisa Anda lakukan? Ganti kebiasaan tersebut dengan berbicara tentang pengalaman positif dan proses mencoba akan jauh lebih baik.

 

Samarkan pikiran buruk

Pikiran buruk tak perlu dihilangkan, tetapi cukup disamarkan. Memodifikasi perasaan khawatir menjadi pikiran mencerahkan bisa menumbuhkan percaya diri yang diperlukan.

 

Alihkan pada hal lain

Pandangan seseorang mengenai dirinya sendiri bisa berubah sewaktu-waktu. Saat Anda goyah tentang diri Anda, coba 'keluar' sejenak dari pikiran yang membatasi Anda dan lakukan sesuatu seperti jalan-jalan atau berkebun.

 

Sadari postur tubuh yang baik

Studi terbaru yang dipimpin oleh Profesor Amy Cuddy menemukan bahwa postur tubuh bisa mempengaruhi reaksi stres dan rasa percaya diri. Berdiri tegak atau meregangkan tangan selama dua menit bisa menormalkan tensi dan meningkatkan kepercayaan diri.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement