Ahad 31 Jan 2016 09:03 WIB

Ini Bahan Alami Obati Pendarahan Gusi

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri
Gigi putih (Ilustrasi)
Foto: Dailymail
Gigi putih (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kesehatan gigi tidak hanya terfokus pada karang gigi, gigi berlubang dan sebagainya. Gusi juga menjadi salah satu bagian mulut yang perlu dijaga terlebih ketika mengalami pendarahan.

Kebanyakan orang lebih tahu berkumur dengan air garam setiap pagi. Cara ini sudah sangat terkenal dalam mengatasi gusi berdarah.

Berdasarkan lansiran Boldsky belum lama ini, solusi mengatasi pendarahan gusi tidak hanya berkutat pada berkumur dengan air garam. Ada solusi lainnya yang perlu dicoba dengan bahan alami.

Baking Soda

Baking soda atau bubuk soda kue bisa dipakat dalam mengobati gusi berdarah. Baking soda bisa digunakan sebagai bahan pasta saat menyikat gigi.

Baking soda  dianggap mampu menghilangkan mikroba dan memperlakukan pendarahan gusi secara efektif. Namun sebelumnya harus memastikan terlebih dahulu sikatnya yang lembut untuk menyikat gigi.

Tea Tree Oil

Bahan antibakteri Tea Tree Oil dinilai dapat mengakhiri gusi berdarah. Dalam mengatasi pendarahan gusi hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak ini ke air hangat dan gunakan campuran ini untuk berkumur. Cara ini diharapkan bisa dilakukani selama seminggu demi mendapatkan hasil yang memusakan.

Minyak Zaitun

Antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun mampu menenangkan gusi bengkak. Bahan-bahan alami yang ada di dalamnya dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab peradangan. Untuk menghadapi pendarahan gusi, kita hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke segelas air. Setelah itu, kumur selama beberapa waktu dan ludahkan.

Aloe Vera Gel

Gel kaya antioksidan ini dapat membantu untuk menangani gusi berdarah. Bahan ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan gusi berdarah dan juga mempercepat proses penyembuhan.

Agar bisa merasakan khasiatnya, kita hanya perlu menggunkan gel ini seperlunya pada saat memijat daerah gusi yang berdarah atau bengkak. Setelah beberapa waktu barulah dibilas.

Cengkeh

Cengkeh merupakan obat yang efektif untuk mengobati pendarahan pada gusi. Cengkeh telah digunakan untuk mengobati masalah gigi besar sejak zaman dahulu. Kita hanya perlu mengunyah beberapa potong cengkeh kering untuk mendapatkan bantuan instan dari gusi berdarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement