Ahad 31 Jan 2016 07:20 WIB

7 Pelajaran dari Tokoh Dunia yang Putus Sekolah

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Albert Einstein
Foto: ist
Albert Einstein

REPUBLIKA.CO.ID, Pendidikan formal memang penting, meski tak selalu menjamin. Buktinya, sejumlah tokoh hebat dunia ini tidak menyelesaikan pendidikan formal untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.

Pada akhirnya, pilihan untuk menempuh atau tidak melanjutkan pendidikan tinggi kembali pada pribadi masing-masing. Namun, tak ada salahnya menyimak 'pelajaran' dari tujuh tokoh sukses yang tak lulus SMA berikut.

Sekolah tidak banyak memberikan pengalaman praktis

Albert Einstein keluar dari SMU pada usia 15 tahun karena merasa tak cocok pada gaya pendidikan pada masa itu. Ia menganggap institusi pendidikan cenderung memberi siswanya berton-ton informasi untuk otak alih-alih pengalaman nyata. Namun, ia mendalami ilmu dengan banyak cara lain dan menjadi salah satu tokoh paling penting selama abad 20.

Sekolah belum tentu memberi akses pada banyak peluang

Pembuat Tumblr, David Karp, berhenti sekolah saat berumur 16 tahun untuk mendalami minatnya. Karp terang-terangan bilang bahwa sekolah tidak memberinya dukungan untuk sukses ataupun peluang yang ia butuhkan. Setelah banyak disiplin dan kerja keras dan fokus pada minatnya, Karp menjual Tumblr kepada Yahoo seharga 1,1 miliar dolar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement