Rabu 27 Jan 2016 19:25 WIB

Aktor The Godfather Wafat di Usia 94 Tahun

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Yudha Manggala P Putra
Abe Vigoda
Foto: The Guardian
Abe Vigoda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Abe Vigoda yang terkenal lewat film The Godfather wafat pada Selasa (26/1) di usia 94 tahun. Anak dari sang aktor Carol Vigoda Fuchs membenarkan kabar kematian ayahnya kepada Associated Press. Ia mengatakan, ayahnya meninggal ketika sedang tidur di rumahnya di New Jersey, Amerika Serikat.

Vigoda menjadi tenar pada 1972 ketika sutradara Francis Ford Coppola menunjuknya untuk memerankan Sal Tessio. Karakter tersebut adalah kawan lama Vito Corleone (diperankan oleh Marlon Brando) yang berencana mengambil alih bisnis keluarga dengan membunuh anak Vito, Michael Corleone (Al Pacino).

Dalam film, Michael mengantisipasi ajakan damai Tessio di antara keluarga mafia. Michael menebak rencana tersebut adalah skenario jahat Tessio. Michael lantas menugaskan pengawal-pengawal Tessio untuk membunuh si pengkhianat.

Setelah sukses dalam film Godfather, wajah Vigoda menjadi tenar dan mendapatkan banyak tawaran berakting. Akan tetapi, catatan karir paling pentingnya adalah ketika bermain dalam serial TV Barney Miller sebagai Phil Fish. Dari aksinya di film tersebut, ia berhasil mendapatkan nominasi Emmy tiga tahun berturut-turut pada 1976-1978.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement