Rabu 13 Jan 2016 11:27 WIB

Tak Perlu Didorong, Koper Pintar Ini Akan Mengikuti Anda

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Winda Destiana Putri
Koper pintar
Foto: Dailymail
Koper pintar

REPUBLIKA.CO.ID, Sekelompok mahasiswa di Lebanon merancang sebuah koper pintar yang dapat mengikuti pemiliknya tanpa perlu repot didorong.

Dilansir dari Reuters Selasa (13/1) para mahasiswa tersebut menaruh sebuah perangkat kecil bernama "Follow me Suitcase", sehingga Anda tidak akan kehilangan atau membawa koper Anda yang berat.

"Kami adalah tim dari lima orang dan kami menemukan sebuah koper yang mengikuti Anda tanpa perlu mendorongnya. Ide kami muncul ketika kami berada di bandara Dubai dan melihat bagaimana orang yang mengalami kesulitan membawa koper berat mereka. Inilah yang mendorong kami untuk membuat koper ini," ujar Ralph Shalhoub salah seorang dari tim desain.

Ia menjelaskan, koper akan memiliki beberapa sensor dan unit pemrosesan sentral (CPU), yang dikenal sebagai 'otak' dari sebuah komputer. Sebuah sistem on-board inframerah yang melacak gelang kaki yang dikenakan oleh pemilik.

Koper tersebut juga menggunakan GPS dan Sistem Global untuk Komunikasi (GSM) dengan sim-card, untuk mengirim peringatan ke ponsel pengguna untuk memberitahu keberadaan kopernya.  Selain itu, telepon Anda juga dapat bekerja sebagai remote control untuk mengirim petunjuk Suitcase seperti 'jeda' atau 'ikuti saya'.

Koper pintar ini diperkenalkan pertama kali di Federasi Internasional Asosiasi Penemu dan mereka memenangkan medali emas di  iENA, sebuah pameran penemuan di Jerman. Selanjutnya, produk mereka dapat menghasilkan keuntungan setelah mereka pasarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement