Selasa 05 Jan 2016 20:41 WIB

Inilah Pemenang Lomba Resensi Novel ‘Pulang’

Suasana bedah novel
Foto: Dok Republika Penerbit
Suasana bedah novel "Pulang" karya Tere Liye di Toko Buku Gramedia Depok, Jawa Barat, Desember 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dalam rangka meningkatkan minat baca tulis masyarakat, PT Pustaka Abdi Bangsa (PAB) atau Republika Penerbit menggelar lomba resensi novel ‘Pulang’. Novel karya Tere Liye diterbitkan Republika Penerbit pada Oktober 2015. Animo masyarakat untuk mengikuti lomba resensi itu cukup besar.

 

Ketua Penyelenggara Lomba Resensi Novel ‘Pulang’ Andriyati mengatakan, setelah melalui tahapan penjurian, terpilihlah nama-nama pemenang lomba resensi novel ‘Pulang’ tersebut. "Pemenang pertama lomba resensi adalah Widya Rosanti asal Malang, dengan judul resensi “Perjalanan Pulang untuk Memeluk Kebencian dan Rasa Sakit”," kata Andriyati di Jakarta, Selasa (5/1).

 

Juara  kedua diraih Riawani Elyta dari Kepulauan Riau dengan judul resensi “Saat Dunia di Bawah Cengkeraman Shadow Economy”. Dan juara ketiga diraih Hary Setiawan dari Jakarta Timur dengan judul resensi “Shadow Economy, Hollywood, dan Moralitas”.

 

“Pemenang pertama mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 1,5 juta, kedua sebesar Rp 1,25  juta, dan pemenang ketiga sebesar Rp 1 juta. Masing-masing pemenang 1-3 juga mendapatkan piagam, T-shirt, dan paket buku senilai Rp 350 ribu,” ujar Andri.

 

Adapun 10 pemenang hiburan atau 10 resensi pilihan adalah Aulia Rahman (Yogyakarta), Prito Windiarto (Cilacap), Ngarjito AS (Yogyakarta), Siti Nuraini (Pasuruan), Farichah (Surabaya), Yervi Hesna (Padang), Asih Ika Wardani (Surabaya), Intan Puspita Sari (Ogan Komering Ulu), Eka Oktaviani (Yogyakarta), dan Winda Ariyanita (Jakarta Timur).

 

“Untuk 10 pemenang hiburan ini masing-masing mendapatkan piagam, T-shirt, dan paket buku senilai Rp 250 ribu,” ujar Andri. “Hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat pemenang,” tambahnya.

 

Kepala Redaksi Republika Penerbit Syahruddin El-Fikri mengatakan, pihaknya akan terus mendorong masyarakat agar minat baca tulis semakin meningkat. “Semoga dengan adanya lomba resensi ini, semakin banyak masyarakat yang gemar membaca dan menulis,”  kata Syahruddin El-Fikri.

 

Dalam kesempatan sebelumnya, Chief Executive  Officer (CEO) Republika Penerbit Arys Hilman mengatakan, sukses novel ‘Pulang’  menyusul novel sebelumnya karya Tere Liye yang berjudul ‘Rindu’. “Novel ‘Rindu’ sudah cetak ulang 24 kali,” tutur Arys Hilman beberapa waktu lalu.

Arys menambahkan, kedua novel tersebut sudah dilirik oleh produser untuk difilmkan. “Baik novel ‘Rindu’ maupun ‘Pulang’ sudah ada produser yang menyatakan berminat untuk mengangkatnya ke layar lebar,” ungkap Arys.

Arys mengemukakan, Republika Penerbit akan melakukan bedah buku ‘Pulang’ di ajang Islamic Book Fair (IBF) Ikapi DKI 2016 yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno Jakarta akhir 26  Februari hingga 6 Maret 2016.

“Novel ‘Pulang’ akan dibedah di ajang IBF 2016 dengan menampilkan penulisnya, Tere Liye. Kami juga sekaligus akan melakukan book signing novel ‘Pulang’,” papar Arys Hilman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement