Selasa 05 Jan 2016 20:35 WIB

Lomba Resensi Novel “Pulang” Diikuti 200 Peserta

Bedah novel
Foto: Dok Republika Penerbit
Bedah novel "Pulang" karya Tere Lite di Toko Buku Gramedia Depok Desember 2015.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam rangka meningkatkan minat baca tulis masyarakat, PT Pustaka Abdi Bangsa (PAB) atau Republika Penerbit menggelar lomba resensi novel ‘Pulang’. Novel karya Tere Liye itu diterbitkan Republika Penerbit pada Oktober 2015. Animo masyarakat untuk mengikuti lomba resensi itu cukup besar.

 

“Sebanyak lebih dari 200 peserta mengikuti lomba resensi tersebut,” kata Ketua Penyelenggara Lomba Resensi Novel ‘Pulang’, Andriyati, di Jakarta, Selasa (5/1).

 

Andri—sapaan akrabnya—mengungkapkan, lomba resensi novel ‘Pulang’ ini dibuka sejak 20 November dan ditutup pada 20 Desember 2015. Selama periode itu, kata dia, sebenarnya banyak pembaca yang ingin mengikuti lomba resensi tersebut. Hanya saja, ada beberapa yang tidak menyertakan link-nya atau mengirimkan link-nya ke panitia.

 

“Kami sudah memberitahukan kepada yang bersangkutan, namun sampai pendaftaran ditutup, mereka belum mengirimkannya juga,” kata Andri.

 

Dari sejumlah naskah yang masuk, terang Andri, pihaknya memilih 50 besar. Selanjutnya penjurian dilakukan untuk memilih 25 besar. “Hingga akhirnya kita pilih 13 besar. Dari situ kemudian diacak lagi, dan terpilih tiga pemenangnya,” kata Andri yang juga editor Republika Penerbit.

 

Ia menerangkan, dari seluruh peserta tersebut, mayoritas pesertanya adalah perempuan. “Kurang lebih 80 persen pesertanya perempuan dan sisanya laki-laki,” ungkap Andriyati.

Novel “Pulang” merupakan novel terbaru karya Tere Liye yang diterbitkan oleh Republika. Sejak terbit pada Oktober 2015, novel tersebut mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat dan menjadi salah satu novel “best seller”.

Dalam kesempatan sebelumnya, Chief Executive  Officer (CEO) Republika Penerbit Arys Hilman mengatakan, sukses novel ‘Pulang’  menyusul novel sebelumnya karya Tere Liye yang berjudul ‘Rindu’. “Novel ‘Rindu’ sudah cetak ulang 24 kali,” tutur Arys Hilman beberapa waktu lalu.

Arys menambahkan, kedua novel tersebut sudah dilirik oleh produser untuk difilmkan. “Baik novel ‘Rindu’ maupun ‘Pulang’ sudah ada produser yang menyatakan berminat untuk mengangkatnya ke layar lebar,” ungkap Arys.

Arys mengemukakan, Republika Penerbit akan melakukan bedah buku ‘Pulang’ di ajang Islamic Book Fair (IBF) Ikapi DKI 2016 yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno Jakarta akhir 26  Februari hingga 6 Maret 2016.

“Novel ‘Pulang’ akan dibedah di ajang IBF 2016 dengan menampilkan penulisnya, Tere Liye. Kami juga sekaligus akan melakukan book signing novel ‘Pulang’,” papar Arys Hilman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement