Ahad 03 Jan 2016 05:02 WIB

Survei Ini Anggap Para Penggemar Emoji Gandrung Seks

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Emoji
Foto: abc
Emoji "tears of joy" atau "crying laughing" sangat populer digunakan dikalangan selebriti dan politisi.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda termasuk orang yang terobsesi menggunakan emoji (karakter gambar atau emoticon) dalam setiap pesan WhatsApp dan status Facebook? Jika ya, bisa jadi Anda termasuk orang yang kerap memikirkan seks.

Menurut survei menarik yang dilakukan oleh situs web kencan online Match.com, orang-orang yang berpikir tentang seks beberapa kali sehari sangat sering menggunakan ikon emoji. Survei yang melibatkan 5.000 orang itu menemukan bahwa 36-40 persen orang yang berpikir tentang seks beberapa kali sehari menggunakan lebih dari satu emoji di setiap teks.

Melalui simbol-simbol ekspresif itu, pengguna emoji ingin memberikan lebih banyak kepribadian dalam teks-teks mereka. Para peneliti menemukan, mereka merepresentasikan ikon emoji biasa seperti simbol makanan sebagai bagian tubuh atau hal yang mengarah pada seks.

"Mereka tidak hanya lebih banyak terlibat dalam seks, tetapi juga lebih sering pergi kencan dan dua kali lebih mungkin untuk menikah," ujar pemimpin tim survei, Helen Fisher.

Sementara, orang-orang yang jarang berpikir tentang seks mengatakan mereka jarang menggunakan emoji. Mereka yang berpikir tentang seks hanya sekali dalam sehari itu menggunakan emoji tapi tidak di setiap teks.

Penelitian Match.com pada periode sebelumnya mengungkap beberapa emoji menggoda yang biasa digunakan para penggandrungnya. Platform kencan yang berfungsi di 25 negara dan menggunakan lebih dari delapan bahasa itu menemukan, lebih dari setengah jumlah pria dan wanita yang disurvei menggunakan emoji "mengedipkan mata" untuk menggoda pasangan.

(baca juga: Waspadai Sexting Remaja Lewat Emoji)

Sementara, emoji "tersenyum" menjadi urutan kedua paling populer selama berpacaran. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa 54 persen lajang yang menggunakan emoji lebih sering berhubungan seks daripada 31 persen dari mereka yang hanya menggunakan kata-kata saat berkirim pesan.

Studi lain mengenai emoji yang digunakan di Twitter menganalisis lebih dari sembilan juta tweet untuk mencari tahu mana emoji yang populer di Amerika Serikat dan Eropa. DrEd.com, pelaksana studi menemukan bahwa emoji paling populer adalah wajah tersenyum dengan kedua mata berbentuk hati, yang dianggap romantis.

Namun, ketika analisis beranjak ke ranah seksual, simbol terung adalah yang paling populer. DrEd.com menyusun emoji paling bernada seksual di Twitter, dalam survei yang dilakukan dengan membedakan jenis kelamin.

Di AS, emoji terung digunakan dua kali lipat lebih sering dari emoji pisang. Di Eropa, yang terjadi justru sebaliknya.

"Namun, di kedua daerah, wanita lebih suka menggunakan emoji pisang, sedangkan pria lebih suka memakai emoji terung," ungkap peneliti, dikutip Times of India, Ahad (3/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement