Selasa 29 Dec 2015 14:25 WIB

Ini Langkah Sederhana untuk Tingkatkan Kualitas Hidup di Tahun Mendatang

Rep: Qommaria Rostanti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hentikan kebiasaan buruk Anda di usia muda demi masa tua yang lebih baik.
Foto: wikimedia
Hentikan kebiasaan buruk Anda di usia muda demi masa tua yang lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dengan begitu banyaknya tekanan eksternal yang didapat setiap hari, adakah dari Anda yang benar-benar merasa bahagia? Sejatinya, perubahan kecil dalam hidup dapat berdampak besar pada pandangan Anda.

Penyesuaian gaya hidup kecil dapat membuat perbedaan besar untuk keadaan pikiran Anda. Apa resolusi tahun baru teratas Anda untuk 2016? Apakah melakukan lebih banyak olahraga? Mengonsumsi makanan lebih sehat? Menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak? Atau mencari karier yang lebih baik?

Sayangnya, Anda tidak bisa hanya menjadi bahagia. Pasalnya, kebahagiaan merupakan konsekuensi langsung dari tindakan dan cara berpikir Anda.

Penulis Walking on Sunshine: 52 Small Steps to Happiness, Rachel Kelly menawarkan beberapa perubahan sederhana agar Anda dapat meningkatkan kualitas hidup dan pikiran Anda.

(Baca juga: Ternyata Belanja dan Kebahagiaan Saling Berkaitan Lho)

1. Lebih perhatian pada hal-hal kecil

Bangun kesadaran beraktivitas dalam keseharian Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui setiap kegiatan rutin seperti mencuci tangan. Perlambat dan berikanlah perhatian penuh pada hal-hal kecil di sekeliling Anda. Anda akan segera mulai menghargai saat-saat kecil di keheningan.

2. Ikuti aturan 60 persen

Perfeksionisme adalah ilusi. Mengejar kesempurnaan hanya akan mendatangkan konsekuensi kurang baik. Jika hubungan persahabatan, pekerjaan, dan proyek apapun yang Anda lakukan berjalan lancar 60 persen, maka berarti Anda telah melakukannya dengan baik.

Hati-hati apabila berada di dekat teman yang perfeksionisme karena tipe orang seperti ini biasanya gila kerja, takut gagal; dan menjadi lebih sensitif terhadap penilaian orang lain.

3. Pelihara tubuh Anda

Fakta membuktikan bahwa makanan yang dikonsumsi dapat berdampak langsung pada suasana hati dan meningkatkan serotonin. Untuk itu, sebaiknya biasakan menyantap sayuran hijau, probiotik, taburan kayu manis, dan cokelat pahit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement