Jumat 18 Dec 2015 01:10 WIB

Tips Atasi Ngidam Berlebihan Saat Hamil

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Ibu hamil
Foto: corbis.com
Ibu hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wanita hamil saat mengidam berperilaku wajar hingga berlebihan. Ada kalanya mereka senyum hingga menangis terharu sebab berhasil mencicipi makanan yang mereka inginkan.

Mengidam yang wajar masih bisa diteruskan, namun bagaimana jika tingkatannya sudah berlebihan? Misalnya, Anda ingin makan keripik kentang hingga habis satu kaleng, makan rujak dua piring, atau minum teh dan kopi beberapa gelas.

Kabar baiknya adalah ada cara jitu untuk mengendalikan mengidam berlebihan saat hamil, dilansir dari She Knows, Kamis (17/12).

Makan protein

Makanan mengandung protein membuat ibu hamil merasa lebih kenyang dan puas. Cobalah makan seiris ayam, dendeng kering, tuna, salmon, telur, atau roti keju rendah lemak sebelum Anda pergi ke tempat menjual makanan cepat saji all you can eat.

Makanan berprotein menahan naik turun laju gula darah secara drastis. Saat makan makananceat saji, glukosa dalam darah bisa turun drastis, sehingga tubuh menginginkan makanan yang sama lagi dan lagi. Nafsu makan menjadi naik turun seperti roller coaster.

Makan kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein dan lemak yang membantu meningkatkan rasa kenyang dan menjaga kadar gula darah. Makanlah 10-20 kacang almond sebagai kudapan sekali atau dua kali sheari. Nikmati segenggam kecil kacang kenari yang kaya omega-3, pistachio renyah, biji bunga matahari yang sudah dikupas. Hindari makanan terlalu asin dan menu-menu panggang berlebihan.

Makan makanan berserat

Anda mungkin percaya bahwa karbohidrat adalah musuh, namun tidak selamanya karbohidrat itu buruk. Makanan tinggi karbohidrat kompleks atau serat memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, memastikan pencernaan Anda dala kondisi optimal, dan menjaga kolesterol.

Sayuran berdaun hijau gelap, kulit  buah, biji-bijian, dan kacang adalah sumber sebagian besar serat larut yang baik untuk usus. Serat larut adalah kunci nyata memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Oatmeal, kacang-kacangan, kacang kering, kacang polong, gandum, jeruk, apel, wortel adalah sumber serat larut terbaik.

Minum air cukup

Air mungkin bagus menjadi solusi bagi ibu hamil yang terus menerus mengidam makanan asin. Dehidrasi bisa menimbulkan hasrat untuk makan makanan asin. Ketika tubuh dehidrasi, secara alami tubuh membutuhkan cadangan air meningkat. Minum delapan gelas air teratur menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Ubah pola pikir

Perilaku makan anak sebaiknya diprogram sejak masih berada di dalam kandungan. Mengajari anak menghargai makanan membuat mereka tidak suka makan berlebihan di kemudian hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement