Rabu 16 Dec 2015 07:30 WIB

Star Wars Sukses Dirilis tanpa Bocoran

Rep: Reiny Dwinanda/ Red: Yudha Manggala P Putra
Iko Uwais
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Iko Uwais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak teaser-nya dimunculkan pada akhir 2014 lalu, tak ada yang bisa menebak dengan jitu jalan cerita maupun penokohan film Star Wars: The Force Awakens. Bintang-bintang yang terlibat di film tersebut juga tak ada satupun yang mengetahui secara utuh peran yang dimainkannya hingga premier digelar pada Senin (14/12) di Amerika Serikat.

"Skrip saja dikasih tahu di hari yang sama dengan syuting, kami diminta langsung menghafal di lokasi," kata Iko Uwais, pemeran Razoo Qin-Fee dari kawanan Kanjiklub.

Iko sama sekali tidak mengetahui kaitan antara perannya dengan karakter utama Star Wars. Sebelum dan selama syuting, informasi mendasar saja yang diberikan kepadanya.

"Ketika bertemu sutradara JJ Abrams di Inggris di sela promosi The Raid 2, saya dan Kang Yayan memperagakan koreografi silat dan diminta membuatkannya untuk adegan laga Kanjiklub," kenang Iko.

Saat syuting, Iko, Yayan, dan Cecep melakukan improvisasi aksi sesuai tuntutan naskah. Lantas, begitu selesai pengambilan gambar, lembaran skrip kembali diminta oleh kru film.

Iko, Yayan Ruhian, dan Cecep Arif Rahman harus menandatangani perjanjian untuk tidak membocorkan apapun. "Proses syutingnya sangat rahasia sampai kamera ponsel kami pun harus ditutup barcode saat di lokasi," kata Iko.

Begitu menonton premier Star Wars: The Force Awakens, Iko masih punya tantangan lain. Ia tak boleh memberikan spoiler, secuilpun. Termasuk ketika Republika menanyakan kemungkinan tokoh Qin-Fee main di seri berikutnya. "Kami tak bisa memberikan harapan apapun," ujarnya setengah tertawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement